Kalteng Jadi Lumbung Pangan Nasional

  • Whatsapp
Kalteng Jadi Lumbung Pangan Nasional
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Dalam rangka menjaga ketahanan pangan nasional, pemerintah terus melakukan pengembangan pertanian di sejumlah wilayah dan Kalteng merupakan salah satu provinsi yang di pilih sebagai daerah yang akan menjadi lumbung pangan nasional.

Hal tersebut pun disambut baik Pemerintah Provinsi Kalteng dan ini akan diseriusi, antara lain dengan turut menyiapkan pendanaan yang akan dibutuhkan.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, di Palangka Raya, belum lama ini mengatakan, menjadi kebanggan tersendiri, karena Kalteng dipilih Presiden RI Joko Widodo untuk menjadi lumbung pangan nasional, untuk menjaga ketahanan pangan nasional.

Terlebih, berdasarkan ahli pangan dunia, ke depan diperkirakan akan ada terjadi kelaparan di dunia. Untuk itu, perlu ada langkah-langkah yang dilakukan dan kita patut bersyukur karena Kalteng dipilih untuk menjaga ketahanan pangan ini.

Sementara daerah di Provinsi Kalteng yang ditunjuk untuk mengembangakan produksi padi tersebut yaitu di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas.

Saat ini, beberapa lahan tersebut sudah dikelola dan sisa dari luasan lahan yang disipakan harus dikerjakan.

“Dari sisa luasan yang belum dikerjakan itu tentu membutuhkan orang sebagai tenaga pengelolaan sawahnya, tentu ini juga membutuhkan dana,” katanya.

Berkenaan dengan itu, pada Sabtu (6/6), telah dilakukan pembahasan anggaran untuk pendanaan persiapan pengelolaan lahan sebagai lumbung pangan nasional ini.

Pembahan anggaran dilakukan oleh beberapa menteri terkait dan masalah anggaran ini tentu akan disiapkan.

Untuk pendanaan dinilai tidak masalah, akan disiapkan untuk kebutuhan menuju Kalteng sebagai lumbungan pangan nasional, tutupnya.

Siapkan Pendanaan
Untuk menyambut Kalteng menjadi salah satu penyangga lumbung pangan nasional, maka Pemerintah Provinsi Kalteng mulai menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan

“Salah satu yang kami lakukan, yakni mulai menyiapkan pendanaan guna menyukseskannya,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat dihubungi dari Palangka Raya, Rabu (10/6).

Adapun kabupaten yang dipilih sebagai rencana pengembangan tersebut, yakni Pulang Pisau dan Kapuas. Untuk keperluan pendaan tersebut, telah dibahas bersama pihak terkait.

Selain pendanaan, pihaknya juga telah melakukan kajian ke lapangan oleh tim yang terdiri dari sejumlah instansi terkait. Seperti BPTP Kalteng, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan, perwakilan perguruan tinggi dan beberapa lainnya. dkw

iklan atas

Pos terkait

iklan atas