Dewan Imbau Masyarakat Jangan Jauhi Pasien Sembuh

  • Whatsapp
Dewan Imbau Masyarakat Jangan Jauhi Pasien Sembuh
Jhony Arianto Satria Putra
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Palangka Raya, hingga Senin (7/6) lalu, tercatat ada 60 orang pasien dinyatakan sembuh dan bebas dari virus Covid-19.

“Tentu dengan kesembuhan yang setiap harinya bertambah satu atau dua orang, menandakan jika penanganan yang dilakukan tim medis sangat baik. Pasien yang tengah dalam perawatan tak perlu merasa khawatir selama berada di tangan tenaga medis, pasti akan ditangani dengan baik,” kata anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Jhony Arianto Satria Putra, Senin (8/6).

Namun demikian, rasa kekhawatiran juga turut dirasakan politisi Partai NasDem ini, karena mendapat kabar bahwa pasien yang telah dinyatakan sembuh dan kumpul bersama keluarga, justru mendapatkan penolakan dari masyarakat.

“Memang Covid-19 ini sangat mudah menular, tapi kita tidak bisa serta merta menjauhi masyarakat yang tertular atau positif karena pasien yang tertular itu juga bukan kehendaknya dan juga semua orang bisa kena atau tertular. Namun, tetap ditekankan pentingnya kewaspadaan dan mematuhi protokol kesehatan tanpa melupakan sisi humanis kita terhadap masyarakat,” jelasnya.

Terlebih, beberapa waktu lalu, sempat viral di media sosial dari beberapa unggahan masyarakat dimana ada masyarakat Kabupaten Pulang Pisau yang sempat mendapatkan sikap tidak mengenakan dari masyarakat di sekitar kawasannya bermukim, saat telah dinyatakan sembuh dan boleh kembali ke rumah.

“Beberapa wilayah di tanah air juga ada masyarakat yang terkesan menolak atau menjauhi mereka yang memiliki riwayat pernah terkena Covid-19. Kita harapkan di Palangka Raya tidak sampai terjadi hal seperti itu. Rangkul mereka yang telah sembuh, kembalikan kepercayaan diri dan semangat hidup mereka agar bisa menjalani kehidupan normal seperti sedia kala. Karena apabila dijauhi, mereka akan rentan stress, daya tahan tubuh menurun, tak menutup kemungkinan mereka bisa sakit kembali,” imbau Jhony.

Ia juga menekankan pentingnya masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang ada. Menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan, menjalankan social dan physical distancing, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta banyak beribadah merupakan langkah terbaik mencegah penularan Covid-19.

“Jangan takut, namun harus waspada. Jangan jauhi mereka yang sudah sembuh. Selama kita mematuhi protokol kesehatan, yakinlah dengan demikian kita pasti bisa melalui dan memutus mata rantai penyebaran pandemi ini dengan segera,” pungkasnya.rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas