Rapid Test Massal di 3 Pasar Kobar, 16 Orang Reaktif

  • Whatsapp
Rapid Test Massal di 3 Pasar Kobar, 16 Orang Reaktif
Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat mendampingi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran meninjau pelaksanaan rapid test massal di Pasar Indra Sari Kelurahan Baru Kecamatan Arut Selatan. YULIANTINI

PANGKALAN BUN/tabengan.com- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah selama 2 hari, 6-7 Juni 2020, melaksanakan rapid test. Ada 1.386 orang yang mengikuti pemeriksaan tersebut dan dari jumlah itu sebanyak 16 orang reaktif.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kobar mengatakan, kegiatan rapid test massal itu dilakukan pada 3 lokasi, Pasar Indra Sari Kelurahan Baru Kecamatan Arut Selatan, Pasar Cempaka Kecamatan Kumai dan Pasar Karang Mulya Kecamatan Pangkalan Banteng. Kegiatan itu merupakan skrining awal guna penemuan dini Covid-19 di masyarakat.

“Kegiatan rapid test massal dilakukan dengan sasaran utama pedagang karena pasar menjadi tempat berkumpul dan berinteraksinya masyarakat yang menjadi tempat rentan penularan. Alhamdulillah kegiatan rapid test berjalan lancar semua berkat dukungan masyarakat,” kata Nurhidayah, Senin (8/6/2020).

Dia merincikan, kegiatan rapid test di Pasar Indrasari Pangkalan Bun telah dilakukan pemeriksaan terhadap 774 orang, dengan hasil sebanyak 10 orang dinyatakan reaktif. Sedangkan di Pasar Cempaka Kumai telah diperiksa 273 orang dengan hasil 6 orang reaktif. Sedangkan di Pasar Karang Mulya Pangkalan Banteng sebanyak 339 orang telah diperiksa dan semua dinyatakan nonreaktif.

“Sehingga jumlah keseluruhan yang diperiksa rapid test massal di tiga pasar tersebut adalah 1.386 orang, dan bagi masyarakat yang telah mengikuti rapid test massal dengan hasil nonreaktif akan mendapatkan surat keterangan hasil dan dianjurkan untuk melakukan tindakan pencegahan yang sesuai. Sedangkan untuk yang reaktif akan ditindaklanjuti oleh Gugus Tugas Kobar dan sesegera mungkin untuk dilanjutkan pengambilan sampel swab serta diminta untuk melakukan isolasi mandiri,” ujarnya.

Nurhidayah juga menyampaikan perkembangan kasus Covid-19 di Kobar bahwa sampai hari ini, Senin, jumlah kumulatif pasien Covid-19 positif di Kobar sebanyak 74 orang dengan rincian 35 orang dinyatakan sembuh dan 38 orang masih dalam perawatan. c-uli

Pos terkait