50 Positif Klaster Pasar Besar

  • Whatsapp
50 Positif Klaster Pasar Besar

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kasus positif Covid-19 di Kota Palangka Raya semakin meningkat. Berdasarkan laporan harian Pos Komando Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota setempat per 4 Juni 2020 pukul 00.00 WIB, ada penambahan 5 kasus positif hingga kini totalnya menjadi 123 kasus positif dan penambahan korban meninggal dunia 1 kasus menjadi total 7 kasus meninggal dunia. Sedangkan ODP ada 57 orang dan PDP ada 19 orang.

“Penambahan 5 kasus positif ini, merupakan klaster Pasar Besar. Jadi hingga saat ini, total telah ada 50 kasus positif untuk klaster tersebut,” tutur Ketua Harian Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani, Kamis (4/6) pagi.

Penambahan kasus positif untuk klaster Pasar Besar, lanjutnya, terdiri dari sejumlah pedagang dan pembeli yang telah melakukan kontak erat bersama orang yang positif terinfeksi Covid-19.

“Di Kecamatan Pahandut ada penambahan 1 positif, Kecamatan Jekan Raya 3 positif, dan di Kecamatan Bukit Batu ada 1 positif,” ungkapnya.

Berbagai upaya pun dilakukan pemerintah untuk menekan penyebaran, seperti penerapan jaga jarak antarpedagang dan pengunjung pasar besar pun dilakukan. Terlihat ratusan pedagang sudah melaksanakan metode pyshical distancing yang mulai diterapkan sejak 1 Juni 2020.

Dia menambahkan, terkait pelaksanaan jaga jarak di Pasar Besar, terlihat masyarakat dan pedagang sudah melaksanakan sesuai instruksi pemerintah, sehingga diharapkan hal tersebut mampu memutus mata rantai penyebaran. Dan berharap wabah yang saat ini melanda bisa berlalu dan semakin ditekan.

“Para pedagang sudah mengikuti institusi yang disampaikan, yakni mengedepankan protokol kesehatan. Mereka pun sudah menempati lapak yang sudah disediakan. Kita berharap semoga bisa berlalu dan wabah bisa hilang,” katanya.

Positif Kalteng 467
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mengatakan, terkonfirmasi postif di Kalteng kembali bertambah. Sebanyak 8 orang dinyatakan positif di Palangka Raya dan 5 orang di Kabupaten Kotawaringin Timur, sehingga angka terkonfirmasi positif di Kalteng meningkat menjadi 467.

Keseluruhan, kata Sugianto, sebanyak 13 orang yang terkonfirmasi positif. Dari jumlah tersebut, pasien dalam perawatan sebanyak 246 pasien, dengan angka pasien yang sembuh berjumlah 196 pasien atau bertambah 4 pasien, dari sebelumnya 192 pasien. Angka meninggal dunia bertambah 1 orang di Kabupaten Kapuas.

“Bertambahnya pasien yang meninggal dunia, membuat persentase angka kematian atau case fatality rate (CFR) naik menjadi 5,4 persen. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah 4 pasien, membuat PDP di Kalteng menjadi 66 pasien dari sebelumnya 62 pasien,” kata Sugianto, Kamis (4/6).

Dijelaskan, Orang Dalam Pemantauan (ODP) berkurang 6 orang menjadi 188, dari sebelumnya 194 pasien. Total tes RT-PCR mencapai 1.770. Sebanyak 467 dinyatakan positif, 638 dinyatakan negatif, dan 665 masih dilakukan pemeriksaan. ded/rgb

Pos terkait