Jumlah Tamu Hotel Turun Tajam di April 2020

  • Whatsapp
Jumlah Tamu Hotel Turun Tajam di April 2020
BPS Provinsi Kalteng saat melaksanakan press conference di ruang rapat BPS Kalteng, Selasa (2/6).
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Tengah memantau pergerakan industri perhotelan yang beberapa waktu ini mengalami kelesuan akibat pandemi Covid-19.

Terutama semenjak pembatasan kegiatan pemerintahan di hotel sejak minggu IV bulan Maret 2020. Hal tersebut berdampak pada turunnya Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel bintang sebesar 51,26 persen. Seperti yang disampaikan Kepala Bidang Statistik Distribusi, BPS Kalteng Bambang Supriono pada saat live streaming confrence pers, Selasa (2/6/2020).

Bambang mengatakan hal tersebut disebabkan oleh karena jumlah tamu hotel di Kalteng (khususnya hotel bintang) didominasi oleh tamu yang berasal dari kegiatan pemerintah (paket meeting/perjalanan dinas).

“Jika aturan pembatasan kegiatan pemerintah di hotel di buka, maka akan dapat mendorong TPK hotel lebih tinggi dibandingkan TPK yang berasal dari wisatawan,” ujarnya.

Namun ditambahkan Bambang, pandemi Covid-19 yang belum juga dapat diatasi menyebabkan penurunan jumlah TPK yang begitu tajam hingga 74,48 persen di bulan berikutnya.

“Sehingga kembali turun pada bulan April 2020 sebesar 74,48 persen,” imbuhnya. dsn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas