Bupati Kotim Perbolehkan Umat Muslim Salat Jumat di Masjid

  • Whatsapp
Bupati Kotim Perbolehkan Umat Muslim Salat Jumat di Masjid
Konferensi pers Kamis (4/6).

SAMPIT/tabengan.com – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kotim H Supian Hadi memperbolehkan umat muslim di wilayah itu untuk kembali beribadah di masjid.

“Mulai besok (Jumat), umat muslim boleh beribadah salat Jumat di masjid. Namun dengan syarat protokol kesehatan pencegahan Covid-19 wajib dijalankan,” tegasnya, Kamis (4/6/2020).

Menurutnya,pencabutan pelarangan beribadah di rumah ibadah seperti masjid juga berlaku untuk penganut agama yang lain. Hal tersebut telah disepakati pada rapat bersama dengan seluruh tokoh agama yang digelar di Kantor Kementerian Agama Kotim, Kamis. Sehingga ia mempersilakan umat agama yang lain untuk dapat kembali beribadah di rumah ibadahnya masing-masing dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan.

Supian mencontohkan, pedoman protokol kesehatan di rumah ibadah misalnya di masjid maka jika menggelar salat jemaah harus ada pembatas sekitar satu meter, tersedia tempat cuci tangan serta wajib menggunakan masker. Rumah-rumah ibadah yang diperbolehkan menggelar ibadah juga sebelumnya akan mendapat surat rekomendasi dari tim gugus tugas ataupun bupati.

“Juga kami mengupayakan adanya alat pengukur suhu tubuh di rumah ibadah dan juga adanya satu orang pengawas di tempat ibadah. Tugasnya memantau warga yang tidak menggunakan masker ataupun yang tidak mau ikut aturan,” terangnya. c-may

Pos terkait