Teror Buaya Resahkan Warga Handil Sohor

  • Whatsapp
Teror Buaya Resahkan Warga Handil Sohor
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com – Dalam beberapa waktu belakangan ini serangan buaya sangat meresahkan warga Desa Handil Sohor, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur. Serangan buaya ini tidak hanya mengincar ternak warga, tetapi juga menyerang warga yang beraktivitas di sungai yang ada di desa tersebut.

Komandan Pos Jaga BKSDA Sampit, Muriansyah mengungkapkan, pihaknya sudah menerima laporan dari masyarakat terkait gangguan buaya di Desa Handil Sohor tersebut.

“Awalnya warga menyampaikan adanya serangan buaya terhadap ternak warga. Setelah kita gali lagi, ternyata sempat ada serangan buaya kepada warga yang sedang mandi di sungai pada bulan Maret 2020 yang lalu,” terang Muriansyah saat dikonfirmasi, Kamis (4/6/2020).

Disampaikan Muriansyah, berdasarkan keterangan warga, buaya yang ada di Sungai Handil Sohor tersebut ada beberapa ekor. Dari yang pendek dengan panjang sekitar 1 meter hingga yang terbesar dengan panjang sekitar 3 meter. “Buaya yang terlihat juga ada dua jenis yaitu buaya muara dan buaya sapit,” ungkap Muriansyah.

Lokasi serangan buaya, lanjutnya, sebetulnya cukup jauh dari muara Sungai Handil Sohor yaitu berjarak sekitar 6 kilometer dan berada di daerah transmigrasi. Lokasi sungai juga tidak terlalu lebar sekitar 6 meter dan arusnya pasang surut. “Tahun lalu juga ada serangan buaya di daerah muara sungai ini, korbannya nenek-nenek,” lanjutnya.

Pihaknya, jelas Muriansyah, akan melaporkan gangguan buaya tersebut ke pimpinan terlebih dahulu dan menunggu arahan berikutnya. “Biasanya diarahkan untuk melakukan cek lokasi. Kalau kami melakukan cek lokasi akan langsung membawa alat jerat dan pancing. Untuk perangkap buaya, sungainya terlalu kecil, dikhawatirkan nanti bisa mengganggu arus lalu lintas di sungai tersebut,” jelasnya.

Muriansyah juga menyampaikan pihaknya mengimbau masyarakat setempat untuk selalu waspada dan berhati-hati saat beraktivitas di sungai tersebut. c-arb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas