Rutan Palangka Raya Hasilkan Single Perdana Bersama Napi

  • Whatsapp
Rutan Palangka Raya Hasilkan Single Perdana Bersama Napi
Pojok kreasi Warna Rupa yang ada di Rutan Palangka Raya
iklan atas

Tabengan.com – Memaksimalkan sarana dan prasarana yang dimiliki, Rutan Kelas IIA Palangka Raya berinovasi membuat suatu karya di bidang musik yang berjudul Bersatu Untuk Negeri, yang bergenre reggae ska.

Single lagu ini merupakan kolaborasi narapidana dan petugas untuk bersama-sama berkreatifitas dan memberdayakan kualitas sumber daya yang dimiliki. Dengan motto kreativitas tanpa batas di tempat terbatas, petugas Rutan Palangka Raya merangkul setiap nara pidana yang punya potensi ataupun bakat dan minat dalam bermusik.

Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Palangka Raya, Akhmad Zaenal Fikri menyampaikan, proses yang ditempuh untuk menyelesaikan lagu ini dilakukan dengan memaksimalkan peralatan yang ada mulai dari proses pembuatan lagu dan juga sampai pada pembuatan video, yang semuanya adalah properti sederhana tapi diusahakan semaksimal mungkin.

“Tokoh peran dilakoni oleh petugas dan nara pidana, sedangkan konsep video klip adalah ide dari petugas dengan memperhatikan juga pendapat dari para narapidana dan petugas lainnya,” ucapnya, Rabu (3/6). Di kesempatan yang berbeda, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kalteng, Hanibal, menyampaikan dukungannya atas kreatifitas yang dihasilkan, beliau berpesan agar nara pidana tetap berkarya dan terus mengasah diri selama menjalani proses pembinaan agar dapat menjadi bekal dan mampu bersaing saat kembali ke tengah-tengah masyarakat.

Dari pengalaman menyelesaikan pembuatan single lagu ini ternyata semua pihak yang terlibat mendapatkan banyak pengetahuan dan pelajaran yang akan menjadi modal utama selanjutnya dalam proses untuk berkreativitas. Selain itu dirasakan pula adanya rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan yang terwujud dari kebersamaan antara petugas dan narapidana. Keadaan ini paling tidak dapat memberikan nilai positif bahwa narapidana tidaklah identik dengan pendapat masyarakat yang stigmanya selalu negatif.

“Melalui kolaborasi ini paling tidak masyarakat dapat melihat dan juga menilai bahwa narapidana yang diberikan ruang untuk berkarya mengembangkan bakat kreatifitasnya, serta didukung oleh pembinaan yang dilakukan oleh para petugas, maka mereka berpotensi menghasilkan suatu karya, salah satunya di bidang musik ini,” ungkap Hanibal. Lagu Bersatu Untuk Negeri ini nantinya akan dirilis di gerai-gerai digital dan untuk Official Music Video bisa dinikmati di Kanal Youtube Pojok Warnarupa.fwa

iklan atas

Pos terkait

iklan atas