187 Jemaah Calon Haji Kotim Gagal ke Tanah Suci

  • Whatsapp
187 Jemaah Calon Haji Kotim Gagal ke Tanah Suci
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com – Sebanyak 187 jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dipastikan gagal bertolak ke Tanah Suci. Pasalnya, Pemerintah Pusat melalui Menteri Agama RI sudah mengeluarkan keputusan membatalkan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1441 H/2020 M yang menggunakan kuota haji pemerintah dan visa haji mujamalah.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kotim Rabiatul Adawiyah mengatakan, pembatalan keberangkatan jemaah haji dilakukan karena pandemi Covid-19 masih terjadi hampir di seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia dan Arab Saudi.

Bahkan, Pemerintah Arab Saudi sampai 1 Juni 2020 diinformasikan belum membuka akses layanan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1441 H/2020 M, sehingga pemerintah tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan persiapan dan pelaksanaan pembinaan, pelayanan dan perlindungan bagi jemaah haji secara aman, nyaman dan sesuai dengan ketentuan syariat.

“Yang terdampak ada 187 jemaah calon haji yang tidak jadi berangkat di tahun ini. Saya minta para calon haji tidak berkecil hati dan berdoa bersama agar wabah ini segera berakhir hingga bisa melakukan ibadah haji di tahun depan,” katanya, Selasa (2/6).

Meski demikian, sesuai dengan keputusan Menteri Agama tentang pembatalan keberangkatan jemaah haji, maka jemaah haji reguler dan jemaah haji khusus yang telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) menjadi jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 H/2021 M.

Namun, jemaah haji juga dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan Bipih dengan terlebih dahulu mengajukan permohonan ke Kantor Kemenag setempat.

“Bisa diajukan. Namun apabila tidak, maka setoran pelunasan akan disimpan dan dikelola secara terpisah oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Jemaah haji nantinya akan mendapat nilai manfaat hasil pengelolaan setoran pelunasan tersebut,” terangnya. c-may

iklan atas

Pos terkait

iklan atas