Kerja Sama Jadi Kunci Utama Pemutusan Sebaran Covid-19

  • Whatsapp
Kerja Sama Jadi Kunci Utama Pemutusan Sebaran Covid-19
Susi Idawati

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pemerintah Kota Palangka Raya mengambil langkah sigap setelah munculnya klaster baru penularan wabah Covid-19 di kota setempat, yakni di kawasan Pasar Besar.

Diketahui, hingga Senin (1/6) lalu, tercatat 40 orang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 sehingga tim gugus tugas mengambil kebijakan lebih memperketat pengawasan, yakni dengan mendirikan posko pemeriksaan, rekayasa arus lalu lintas, rapid test massal, hingga pengaturan kembali lapak para pedagang agar tak berdempetan.

Wakil Ketua I Komisi B Bidang Perekonomian dan Pembangunan DPRD Kota Palangka Raya, Susi Idawati turut mendukung berbagai langkah strategis yang diambil pemerintah kota melalui tim gugus tugas Covid-19.

Menurutnya, langkah penerapan pembatasan jarak antar pedagang, cukup tepat untuk mencegah penularan Covid-19, mengingat transaksi pedagang dan pembeli di pasar sangat rentan terhadap penularan.

“Jaga jarak bila dilaksanakan dengan baik oleh semua pedagang, dengan kesadaran tinggi untuk tidak mau tertular dan ditambah lagi dengan mereka rajin untuk mencuci tangan di tempat yang disediakan atau membawa sabun sendiri. Diharapkan bisa mengurangi dan mencegah penularan Covid-19, baik kepada sesama pedagang ataupun kepada pembeli,” jelasnya saat dibincangi Tabengan, Selasa (2/6).

Terkait pengalihan dan rekayasa arus lalu lintas menjadi satu pintu masuk, Politisi NasDem ini juga menilai cukup tepat. Tujuannya, untuk mempermudah pemeriksaan pedagang dan pembeli yang masuk ke pasar, baik pemeriksaan suhu tubuh maupun penggunaan masker.

“Masyarakat, pedagang, pembeli, dan semuanya harus bekerja sama. Harus sepaham dan sepakat bahwa masing-masing harus menjaga diri dan lingkungan agar pandemi ini bisa diselesaikan. Selalu utamakan protokol kesehatan dengan gunakan masker, menjaga jarak, serta selalu mencuci tangan,” pungkas Susi.rgb

Pos terkait