3.012 KK di Gumas Terima BLT

  • Whatsapp
3.012 KK di Gumas Terima BLT
Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyerahkan BLT bagi 3.012 KK, di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Gunung Mas, Jumat (29/5) sore.

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada 3.012 kepala keluarga (KK) di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) yang terdampak Covid-19, di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Gunung Mas, Jumat (29/5).

BLT yang disalurkan itu dengan total Rp1,506 miliar ini secara simbolis diserahkan Gubernur kepada 5 orang perwakilan warga penerima BLT.

Setiap KK mendapatkan bantuan sebesar Rp500.000.

Gubernur Kalteng mengatakan, penyaluran bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19 tersebut merupakan kewajiban moral dan panggilan tugas.

Untuk itu, pelaksanaan pemberian bantuan ini dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku dan berdampingan dengan aparat penegak hukum dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Karena, sebelumnya ia terjun langsung ke berbagai kalangan masyarakat di perkotaan, bahkan ke pelosok daerah di Provinsi tersebut dan merasakan betul dampak pandemi Covid-19 tersebut terhadap sendi perekonomian masyarakat.

Untuk itu, ia mengambil langkah-langkah penanganan Covid-19, antara lain yaitu, menyangkut keselamatan dan kesehatan masyarakat Kalteng, dampak ekonomi dan mengenai pembentukan jaring pengaman sosial dan penanganan dampak sosial.

Pemerintah Provinsi juga telah melakukan refocusing dan realokasi anggaran guna penanganan Covid-19. Berbagai upaya tersebut merupakan jaminan bahwa pemerintah hadir di tengah masyarakat Kalteng.

Anggaran yang disediakan tersebut, antara lain untuk memberi kepastian di bidang keselamatan dan kesehatan masyarakat, salah satunya untuk membeli 1 juta masker, alat PCR yang bisa melayani 46 orang/pasien dengan lebih cepat dan tidak tergantung pada Rumah Sakit lain di luar provinsi.

Pemprov juga berupaya memperketat wilayah perbatasan dengan provinsi lain untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, serta melakukan berbagai upaya lainnya. dkw

Pos terkait