BPJS Kesehatan Permudah Peserta Turun Kelas Perawatan

  • Whatsapp
BPJS Kesehatan Permudah Peserta Turun Kelas Perawatan
BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya gelar media Gathering dengan wartawan, belum lama ini di Palangka Raya. TABENGAN/LIU
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Selama masa pandemi Covid-19 BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya memberikan kemudahan untuk para peserta JKN-KIS melalui program praktis dan super praktis, bagi peserta yang memiliki tunggakan lebih dari enam bulan dan yang ingin turun kelas.

Kepala BPJS Kesehatan cabang Palangka Raya, drg M Masrur Ridwan menyampaikan persyaratan bagi peserta menginginkan untuk penurunan kelas rawat, misalnya peserta mandiri syaratnya cukup mudah, mengikuti perubahan kelas rawat ini.

“Untuk yang memiliki tunggakan iuran, karena ini dalam masa Covid-19, BPJS Kesehatan memberikan keringanan. Bagi peserta yang punya tunggakan lebih dari enam bulan, cukup bayar enam bulan saja dan sisanya dicicil segera, maka kepesertaan aktif otomatis dan bisa langsung melakukan pengajuan turun kelas di hari yang sama,” kata Masrur, Senin (1/6).

Berbeda dengan sebelumnya, peserta wajib melunasi tunggakannya, baru aktif kepesertaannya. Tapi kalau sudah masuk New Normal, syarat diatas tidak berlaku, peserta harus tetap membayar seluruh tunggakanannya baru bisa melakukan perubahan kelas perawatan di hari yang sama.

Peserta kelas satu mau turun ke kelas dua, kelas dua mau ke kelas tiga atau kelas satu mau langsung turun ke kelas tiga, cukup menunjukan kartu JKN KIS, KTP Elektronik/KK dan tidak wajib autodebet.Seblumnya wajibkan bagi setiap peserta JKN KIS yang melakukan perubahan data melampirkan formulir autodebet.

Sementara itu untuk program super praktis ini, jika peserta ingin melakukan perubahan kelas rawat dan langsung berlaku di bulan yang sama, harus datang langsung ke kantor cabang, mengisi surat pernyataan tidak sedang menjalani rawat inap di bulan tersebut, tidak sedang mendapat klaim kacamata.

Tapi kalau sudah memasuki akhir bulan, tinggal empat atau lima hari lagi pergantian bulan maka bisa melalui kanal mobile JKN atau telp ke call center 1000500400. Kemudian bagi yang sudah terlanjur bayar iuran di bulan tersebut namun ingin turun kelas, maka selisih pembayaran otomatis akan menjadi deposit untuk bulan berikutnya, jadi tidak hilang selisih nominalnya itu.

Program praktis ini sebelumnya sudah ada, berlaku 9 Desember 2019-30 April 2020. Kemudian untuk super praktis untuk perubahan kelas rawat berlakunya 1-31 Januari 2020. Sampai akhirnya ada permintaan untuk peninjauan kembali ke MA terkait Pasal 324 nomor 75 tentang kenaikan iuran, program praktis dihentikan pada 10 Maret 2020.

Saat ini, dengan adanya Perpres 64 tahun 2020 tentang kenaikan iuran, setelah sebelumnya dibatalkan MA, BPJS Kesehatan tetap berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan, salah satunya buka kembali program praktis dan super praktis periodenya dari 22 Mei-31 Agustus 2020. yml

iklan atas

Pos terkait

iklan atas