Tambah 2 Kasus, Total Klaster Pasar Besar 29 Positif

  • Whatsapp
Tambah 2 Kasus, Total Klaster Pasar Besar 29 Positif
Ilustrasi
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Berdasarkan data rilis Media Center Gugus Tugas Covid-19 Kalteng, per tanggal 30 Mei 2020 untuk perkembangan kasus Covid-19 di Kota Palangka Raya terdapat penambahan kasus baru. Kasus positif bertambah 2 kasus menjadi total 103 kasus, sembuh bertambah 1 menjadi total 53 pasien sembuh, dan meninggal dunia bertambah 2 menjadi total 5 kasus meninggal dunia.

Ketua Harian Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani mengungkapkan, penambahan 2 kasus positif hari ini merupakan bagian dari klaster Pasar Besar.

“Benar, penambahan kasus positif hari ini adalah mereka dari klaster Pasar Besar. Sehingga sampai hari ini, ada total 29 kasus positif dari klaster tersebut,” tutur Emi saat dikonfirmasi Tabengan, Sabtu (30/5/2020) malam.

Dijelaskannya, penambahan kasus dari klaster Pasar Besar merupakan hasil swab terhadap sejumlah pedagang dan masyarakat sekitaran pasar yang dinyatakan reaktif Covid-19 setelah melakukan rapid test massal beberapa waktu yang lalu.

“Kurang lebih sekitar 180 orang pedagang yang kita lakukan rapid test massal sebelum Lebaran kemarin, sebagai tindak lanjut atas ditemukannya 6 kasus positif awal untuk klaster ini. Mereka lakukan rapid test pada tanggal 21-23 Mei kemarin di Makodim 1016 Palangka Raya dan di Jalan Sumatra,” jelasnya.

Namun jumlah kasus tersebut, Kepala BPBD Kota Palangka Raya ini mengaku khawatir jika akan ada penambahan kasus positif klaster Pasar Besar dalam beberapa waktu ke depan. Pasalnya, masih ada sejumlah hasil swab test dari mereka yang reaktif, yang saat ini masih belum keluar hasilnya.

“Kurang lebih ada sekitar 29 yang dinyatakan reaktif dan wajib mengikuti swab test kemaren. Saat ini baru 23 yang berhasil terindikasi positif, dan yang lain masih menunggu hasil lab. Namun sepertinya akan ada penambahan, namun kita belum mengetahui lebih pasti. Kita harapkan semoga yang lain dinyatakan negatif,” pungkasnya. rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas