Salat Jumat di Masjid Masih Ditiadakan

  • Whatsapp
Salat Jumat di Masjid Masih Ditiadakan
Pihak Kemenag dan MUI Kota Palangka Raya saat menggelar konferensi pers terkait pelaksanaan ibadah salat Jumat selama pandemi Covid-19 di Kantor Kemenag Kota Palangka Raya, Jumat (29/5). TABENGAN/RONNY GUNTUR
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Beredarnya pemberitaan tentang hasil rapat Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palangka Raya bersama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota dan beberapa tokoh agama Islam lainnya yang menyebutkan ibadah salat Jumat sudah bisa dilaksanakan mulai Jumat (29/5), ternyata tidak benar.

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin menegaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polda Kalteng dan Kapolresta Palangka Raya serta pihak terkait lainnya, bahwa kegiatan salat Jumat saat ini masih ditiadakan.

Karena untuk boleh atau tidaknya pelaksanaan salat Jumat di masjid, pihaknya juga menunggu surat dan keputusan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat. Bila pusat sudah menetapkan, maka pihaknya akan mengikuti.

“Surat dari MUI Pusat belum kita terima, di daerah pusat juga belum menerapkan tentang dibukanya masjid untuk salat Jumat. Jadi kita mengikuti anjuran pusat saja,” ucapnya, Jumat.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palangka Raya Achmad Farichin menerangkan, pelaksanaan salat Jumat berdasarkan hasil rapat yang dilakukan pihaknya bersama MUI dan tokoh agama Islam lainnya, akan dilaksanakan seraya menyambut era New Normal yang bakal diberlakukan di Kota Palangka Raya pada bulan depan.

“Pada saat rapat kita tidak menyebutkan tanggal berapa bisa dimulai melaksanakan salat Jumat. Jadi tidak benar, jika ada yang mengatakan Jumat ini (kemarin) sudah bisa dilaksanakan,” ucap Farichin, saat konferensi pers, kemarin.

Setelah selesai rapat itu, kata Farichin, barulah dirembukkan kembali penerapan revitalisasi fungsi rumah ibadah akan diterapkan dalam menyambut era New Normal dan nanti diajukan kepada Wali Kota pada 2 Juni mendatang.

“Jadi jika disetujui oleh Wali Kota, maka ibadah salat Jumat baru bisa dimulai pada tanggal 5 Juni. Dan dalam pelaksanaannya tetap memerhatikan protokol kesehatan yang berlaku,” jelasnya. rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas