Harga Bawang Merah di Sampit Rp65 Ribu

  • Whatsapp
Harga Bawang Merah di Sampit Rp65 Ribu

SAMPIT/tabengan.com – Harga bawang merah di sejumlah pasar di Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terus melonjak. Jika pekan lalu harga bawang merah masih diangka Rp45 ribu per kilogramnya, saat ini harga bawang merah sudah dibanderol Rp65 ribu perkilogramnya.

Santi (35) salah satu pedagang sembako di pasar keramat Sampit mengungkapkan harga bawang merah sudah melonjak dari tempat asal bawang merah di pasok. Informasi yang ia dapat terjadi gagal panen di wilayah Jawa sehingga pasokan bawang menjadi sedikit.

“Katanya disana banyak yang gagal panen, jadinya pasokan sedikit dan harganya jadi mahal,” tuturnya Jumat (29/5). Namun menurutnya untuk bawang merah masih ada alternatif bagi para pembeli. Yakni jenis bawang merah impor dari india yang harganya dijual lebih murah yakni Rp30 ribu perkilogramnya. Sehingga para pembeli katanya banyak yang beralih membeli bawang merah yang ukurannya lebih besar dari jenis biasanya itu.

“Memang banyak yang bilang bawang jenis ini kurang enak daripada bawang merah lokal. Namun karena harganya terus melangit ya banyak juga yang beralih beli jenis ini,” tuturnya.

Selain harga bawang merah, harga ayam ras di sejumlah pasar di kota Sampit turut meroket. Harga ayam ras potong dijual Rp42 ribu perkilogramnya.

Ida (30) pedagang ayam di pasar keramat Sampit mengungkapkan kenaikan harga ayam dikarenakan diterapkannya sistem PSBB di Banjarmasin Kalimantan Selatan tempat ayam ras didatangkan. Ia bahkan memprediksi harga ayam akan terus naik jika peraturan PSBB terus diterapkan di tempat itu.

“Mobil yang membawa ayam susah masuk kesini. Katanya mereka menggunakan jalan alternatif yang lokasinya lebih jauh sehingga ongkosnya lebih tinggi,” terangnya. c-may

Pos terkait