Masalah Usulan 1.735 Disetujui 28 Penerima BLT, Dinsos Akui Data Barut Tertinggal

  • Whatsapp
Masalah Usulan 1.735 Disetujui 28 Penerima BLT, Dinsos Akui Data Barut Tertinggal
BUDI SANTOSO
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Polemik mengenai data penerima bantuan sosial dari pemerintah di tengah wabah Covid-19, tiada habisnya. Terbaru, usulan dari Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara (Barut) sebanyak 1.735 penerima bantuan langsung tunai (BLT) Pemprov Kalteng, namun yang dapat hanya 28.

Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Kalteng Budi Santoso menyampaikan, data yang tertinggal terkait penerima BLT dari Pemprov Kalteng maupun yang belum terdata belum pernah menerima bantuan dari provinsi maupun pusat, bisa diusulkan ulang untuk mendapatkan bantuan terdampak Covid-19 pada tahap kedua.

“Sebenarnya jumlah semua di Barut yang dapat bantuan dari Pemprov Kalteng itu sebanyak 4.287 kepala keluarga, apabila ada yang tertinggal dan yang belum dapat dari pemerintah pusat maupun daerah bisa diusulkan lagi untuk terima bansos dari Pemprov pada tahap kedua,” kata Budi, Kamis (28/5).

Budi menuturkan, sebelum data penerima BLT matang di tingkat provinsi, data tersebut dikembalikan lagi Dinas Sosial Kabupaten untuk kembali diverifikasi. Hal itu untuk memastikan apakah ada pengurangan data dengan yang diusulkan atau tidak.

Budi menambahkan, untuk menghindari adanya kesalahan, komunikasi aktif harus terjalin antara pengirim data kabupaten dan penginput data di provinsi.

Diberitakan sebelumnya, Kelurahan Lanjas dikurangi sebanyak 1.707 dari jumlah usulan. Data nama calon penerima BLT dari Pemprov Kalteng sudah dikirim sejak 17 April 2020 lalu. Nama yang diusulkan dari 31 RT yang ada di kelurahan tersebut.

Namun, sehari menjelang pembagian BLT di Kabupaten Barut, pihak Kelurahan Lanjas menerima data dari provinsi bahwa hanya 28 orang warga se-Kelurahan Lanjas yang diverifikasi dan divalidasi oleh Dinas Sosial Kalteng sebagai penerima BLT.

Sebaran para penerima BLT yang ditentukan oleh provinsi di Kelurahan Lanjas adalah RT 06 dan RT 09 lima orang, RT 10 satu orang, RT 15 dan RT 26 sebanyak 14 orang, RT 19 satu orang, RT 22 lima orang, dan RT 25 satu orang. Sedangkan 23 RT lainnya nihil alias tidak ada penerima BLT. yml

iklan atas

Pos terkait

iklan atas