Nekat Mudik, 172 Warga Timpah Disanksi Isolasi Mandiri

  • Whatsapp
Nekat Mudik, 172 Warga Timpah Disanksi Isolasi Mandiri

KUALA KAPUAS/tabengan.com – Menindaklanjuti surat edaran Camat Timpah terkait imbauan larangan mudik pada Lebaran Idul Fitri agar wabah Covid-19 tidak menyebar dan menulari warga di wilayahnya, tindakan tegas diambil oleh Kepala Desa Timpah dalam menyikapi hal tersebut. Dia memberikan sanksi tegas dengan mewajibkan warganya yang melanggar untuk melakukan isolasi mandiri dan pemeriksaan kesehatan rapid test.

“Itu harus dan kita harus tegas dengan aturan yang ditetapkan. Hal ini patut ditaati oleh seluruh warga Timpah, sebab jauh-jauh hari kita sudah memberitahukan kepada mereka terkait apa konsekwensinya apabila mereka tetap mudik, apalagi pergi ke wilayah yang memang kondisinya mengkhawatirkan. Setidaknya kami sudah berupaya sedini mungkin guna mengantisipasi agar wabah Covid-19 ini tidak menulari warga kami,” kata Budi Santoro, Kades Timpah, Kecamatan Timpah, Senin (28/5/2020), melalui telepon.

Lebih lanjut diterangkannya, tindakan tegas ini dilakukan karena pihaknya tidak ingin hanya karena satu orang yang tertular Covid-19 akibat habis bepergian terlebih mudik, seluruh warga ikut terjangkiti. Hal ini belajar dari adanya salah satu warga di wilayah Kecamatan Timpah yang sudah menjadi korban. Dengan antisipasi yang dilakukan tentu akan lebih mudah menanganinya, daripada sudah terpapar lebih banyak lagi, apalagi wilayah Desa Timpah adalah kompleks pemukiman dan pasar besar yang dijadikan sebagai transit perdagangan.

Dari pendataan yang dilakukan terdapat 172 orang yang terdiri dari bapak, ibu dan anak serta pendamping yang ikut dan baru datang dari mudik Lebaran. Dengan dibantu Tim Kesehatan Kabupaten, UPT Puskesmas Kecamatan, Tim Gugus dan Relawan Covid-19 Desa Timpah serta aparat keamanan dari Polsek dan Koramil, langsung dilakukan pemeriksaan medis melalui rapid test yang selanjutnya disanksi dengan diwajibkan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing. c-yul

Pos terkait