Rapid Test Massal di Kapuas, Tiga Warga Reaktif

  • Whatsapp
Rapid Test Massal di Kapuas, Tiga Warga Reaktif
Pelaksaan Rapid Test massal di Kapuas. Tampak Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S Bahat dan isteri, Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti, Dandim 1011/Klk Letkol Inf Ary Bayu Saputro memantau jalannya pemeriksaan. TABENGAN/YULIANSYAH

KUALA KAPUAS/tabengan.com – Dari hasil pelaksanaan pemeriksaan Rapid Tes Covid-19 massal yang dimotori oleh Polda Kalteng yang berkerja sama dengan Pemprov Kalteng, Pemkab Kapuas, serta Korem 102/Pjg, Rabu (27/5) di Pasar Besar Kapuas atau lingkaran Pelabuhan Danau Mare, dari sebanyak 402 orang yang dengan kesadaranya sendiri mau datang guna memeriksakan diri. Tim menemukan ada 3 orang peserta yang hasilnya mengarah kepada Reaktif sedangkan sisanya non reaktif.

Dalam kegiatan yang secara langsung dihadiri Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Ketua DPRD Kalteng Wiyatno, Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, Pejabat Utama Polda Kalteng, Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S Bahat, Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti, Dandim 1011/Klk Letkol Inf Ary Bayu Saputro, Wakil Ketua I DPRD Kapuas, Yohanes, mendapatkan antusias oleh warga seputar pasar besar tersebut.

Dalam keterangan persnya kepada para awak media di Posko Induk Covid-19 Kabupaten Kapuas Jalan Maluku, Kepala Satuan Pelaksana (Palaksa) Badan Penanggualngan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten kapuas Panahatan Sinaga.SH selaku Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kapuas menerangkan, bahwasanya dari tiga warga yang hasil Rapidtesnya reaktif tersebut, dua dari Kecamatan Selat dan satu Kecamatan Kapuas Barat.

Guna menindak lanjutinya, karena dari ketiga warga tersebut juga ada dan pernah berinteraksi dengan dengan klaster Gowa, pihaknya dalam waktu segera akan segera melakukan tracing terhadap yang bersangkutan serta menelusuri kepada para keluarganya yang kemungkinan juga telah berinteraksi dengan ketiganya, dengan tujuan guna mengatisipasi adanya penyebaran agar jangan sampai meluas.

“Sebelumnya kita mengucapkan banyak terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh warga kapuas khususnya kepada mereka yang sehari-harinya beraktifitas di pasar besar yang dengan kesadaranya sendiri mau datang mengikuti pelaksanaan rapidtes ini, dan pada pelaksanaan ini ada 402 warga yang dirapid tes, sebanyak 399 warga non reaktif, dan tiga warga reaktif,” Katanya .

Terpisah, sebelumnya Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti menjelaskan Rapid tes massal ini diinisiasi oleh Polda Kalteng bersama-sama Muspida Provinsi Kalteng, dimana Kapuas merupakan salah satu wilayah yang dijadikan obyek pelaksanaan rapid tes massal.

Yang dikarenakan Kapuas untuk saat ini menduduki peringkat kedua tertinggi kasus positif covid-19 dengan tingkat kematian tertinggi di Kalteng.

Harapanya dengan dilaksanakanya Rapidtes gratis ini setidaknya akan menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat kapuas untuk selalu menjaga kesehatan, dan mematuhi protokol Covid-19, agar mata rantai penyebaranya dapat ditanggulangi, dengan harapan agar kapuas dapat segera terbebas dari Covid-19. c-yul

Pos terkait