Penyaluran Bansos Tidak Transparan, Warga Demo Kades Kubu

  • Whatsapp
Penyaluran Bansos Tidak Transparan, Warga Demo Kades Kubu
Warga desa Kubu Kecamatan Kumai mendatangi kantor balai desa meminta kepala desa transparan dalam penyaluran Bantuan Sosial Tunai.

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Karena dianggap tidak transparan dalam penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST), puluhan warga Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Rabu (27/5/2020), mendatangi kantor desa dan warga mendesak kepala desa setempat, transparan terhadap penyaluran bantuan tersebut.

Salah seorang warga Desa Kubu berinisial IB mengatakan, Kades tidak transparan dalam mendata masyarakat, justru warga yang asli Kubu banyak yang tidak mendapatkan bantuan, malah warga yang ber-KTP luar Kubu tapi berdomisili di Kubu malah mendapatkan bantuan.

“Sebenarnya permasalahannya sangat sederhana. Kalau menurut saya lemah di pendataan saja, dan ini wajar masyarakat asli Kubu menuntut haknya, apalagi dengan situasi seperti sekarang ini di tengah pandemi Covid-19 masyakat sini hampir seluruhnya terdampak. Belum lagi wisata Pantai Kubu ditutup yang biasanya masyarakat mendapatkan penghasilan dari sini, sekarang lagi sulit-sulitnya mencari penghasilan,” kata IB, mewakili warga Desa Kubu.

Menurut IB, warga Desa Kubu hanya ingin kejelasan adanya program pembagian BST, uangnya dikemanakan. Soalnya dari pemerintah sendiri, uang tersebut terus bergulir, sementara warga sampai sekarang ini tidak mendapatkan bantuan sama sekali.

Camat Kumai Yudi Hudaya ketika dikonfirmasi mengatakan, begitu dapat informasi tentang hal itu, pihaknya langsung merespons dan meminta agar Kades setempat bisa mengatasi persoalan ini. Jangan sampai berlarut-larut, permasalahan ini intinya ada di pendataan saja.

“Kami masih menelusuri permasalahan yang sebenarnya, dan saya baru dapat informasi. Kami akan gelar rapat menghadirikan warga dan aparat Desa Kubu agar jelas semua permasalahannya. Kami minta yang terlibat dihadirkan, agar semua jelas,” pinta Yudi Hudaya. c-uli

Pos terkait