Ganggu Ketenangan Warga, Sarang Tawon Vespa Dibakar

  • Whatsapp
Ganggu Ketenangan Warga, Sarang Tawon Vespa Dibakar
Petugas saat memusnahkan sarang lebah yang mengganggu ketenangan warga, Selasa (26/7/2020) sore. ISTIMEWA

SAMPIT/tabengan.com – Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Timur memusnahkan sebuah sarang lebah vespa affinis yang berukuran cukup besar dan meresahkan warga di Jalan Teratai 6, Kelurahan Ketapang, Kecamatan MB Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur Selasa (26/5/2020) sore.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Kotawaringin Timur, Rihel mengungkapkan, pihaknya menerima laporan dari masyarakat yang tinggal di Jalan Teratai 6 yang merasa terganggu dengan keberadaan sarang lebah vespa di atas sebuah pohon.

Setelah menerima laporan tersebut, Dinas Damkarmat Kotim menerjunkan 6 orang personelnya dan sebuah mobil pemadam kebakaran ke lokasi.

“Berdasarkan informasi atau keterangan yang disampaikan oleh pihak pelapor, sarang tawon tersebut berada di atas pohon tanjung,” terang Rihel saat dikonfirmasi, Rabu (27/5/2020).

Disampaikan Rihel, untuk mengantisipasi agar sarang tawon vespa affinis tersebut tidak beterbangan di lingkungan sekitar, yang akan mengakibatkan terganggunya kenyamanan dan ketentraman warga setempat maupun pengguna jalan, maka petugas melakukan penanganan dengan metode burning system atau dengan cara dibakar.

Sarang tawon vesta yang dimusnahkan petugas tersebut memiliki jari-jari sekiyar 20 centimeter, dan keliling lingkaran sarang sekitar 125,6 centimeter. Saat evakuasi berlangsung, petugas mengenakan alat pelindung diri untuk mencegah sengatan lebah.

Rihel menambahkan, pihaknya cukup sering menerima laporan terkait gangguan lebah dan ular dari masyarakat. Dia juga menegaskan, layanan pemadaman kebakaran maupun penyelamatan darurat atau non darurat tidak dipungut biaya alias gratis. c-arb

Pos terkait