Gubernur Kalteng Surati Presiden, Usul Penutupan Sementara Simpul Transportasi

  • Whatsapp
Gubernur Kalteng Surati Presiden, Usul Penutupan Sementara Simpul Transportasi
Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengikuti rapat virtual via video conference bersama Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kepala BNPB Letjend. Doni Monardo, di Istana Isen Mulang, Sabtu (2/5).

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Untuk mencegah meluasnya penyebaran kasus Covid-19 di Provinsi Kalteng, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran menyurati Presiden RI Joko Widodo untuk mengusulkan penutupan sementara simpul transportasi di daerah itu.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalteng melalui suratnya No 360/51/GT-COVID-19, yang ditandatangani pada 20 Mei 2020, dengan perihal Penutupan Sementara Simpul Transportasi, yang ditujukan kepada Bapak Presiden Republik Indonesia, di Jakarta.

Dalam surat itu disebutkan, memerhatikan Peraturan Menteri Perhubungan No 25/2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik ldul Fitri Tahun 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covud-19) dan fakta bahwa jumlah ODP, PDP dan positif Covid-19 khususnya di Kota Palangka Raya, Pangkalan Bun dan Sampit semakin bertambah.

Serta mencermati mulai beroperasinya kembali transportasi udara ke wilayah Provinsi Kalteng, serta diizinkan beroperasi transportasi laut secara terbatas, maka dalam rangka pencegahan penularan penyebaran Covid-19 agar tidak meluas, karena arus penumpang masuk ke wilayah Provinsi Kalteng melalui angkutan udara dan angkutan Iaut, kami mohon kepada Bapak Presiden kiranya berkenan menutup sementara transportasi udara dan transponasi laut untuk keperluan penumpang ke wilayah Provinsi Kalteng.

Terutama selama masa Tanggap Darurat Covid-19 di daerah itu, yang sebelumnya diperpanjang sampai dengan tanggal 25 Juni 2020 mendatang.

Namun dikecualikan untuk operasional barang/kargo, maupun operasional Iainnya, berdasarkan ketentuan dalam Peraturan Menteri dimaksud. “Demikian harapan kami, atas perkenan Bapak Presiden diucapkan terima kasih,” tutupnya.

Surat Gubernur Kalteng itu juga ditembuskan ke Menteri Dalam Negeri RI, Menteri Kesehatan RI, Menteri Perhubungan RI, Kepala BNPB RI, Ketua DPRD Provinsi Kalteng, Komandan Komando Resort Militer 102/Panju Panjung, Kepala Kepolisian Daerah Kalteng, Kepala Kejaksaan Tunggi Provinsi Kalteng, Bupati/Walikota se-Kalteng, dan Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng. dkw

Pos terkait