Akibat Pasien dan Keluarga Tidak Jujur, 2 Dokter RS Kapuas Positif Covid-19

  • Whatsapp
Akibat Pasien dan Keluarga Tidak Jujur, 2 Dokter RS Kapuas Positif Covid-19
iklan atas

KUALA KAPUAS/tabengan.com- Pada saat dilakukan observasi oleh para petugas medis, perawat maupun dokter,  diharapkan  para pasien dan pihak keluarga berkata jujur dengan jawaban atas pertanyaan yang diberikan petugas,  sehingga medis yang melayani pun dapat dengan mudah melakukan penanganannya secara khusus dengan tidak mengindahkan spesifikasi atau protokol yang diterapkan. Setidaknya kasihanilah paramedis yang bertugas dan sudah ikhlas untuk menolong. Hanya karena tidak jujur, akhirnya menularkan penyakit yang dibawanya kepada para medis tersebut.

Demikian disampaikan dr Agus Waluyo, Direktur RSUD dr H Soermano Sostroatmodjo Kuala Kapuas, saat dibincangi media ini, Sabtu (23/5/2020). Menurutnya, akibat ketidakjujuran pihak keluarga pasien yang positif terkontaminasi akhirnya 2 orang dokter IGD setempat ikut tertular positif Covid-19.

Tidak hanya itu, 14 orang dokter umum lainnya dan puluhan perawat dengan sangat terpaksa harus melakukan karantina mandiri, guna mengantisipasi akibat ada kontak erat pada saat memberikan perawatan medis, walaupun tidak positif.

“Tolonglah kami, bicaralah jujur pada saat ditanya para petugas medis baik dokter, perawat maupun bidan yang bekerja melayani masyarakat guna memberikan perawatan medis. Kalau sudah begini  akibat dari ketidakjujuran, siapa yang dirugikan? Bukan kami saja sebagai tenaga medis, tapi orang banyak,” kata Agus, panggilan Direktur RSUD.

Dijelaskan, saat ini jumlah petugas medis di RS Kapuas yang terpaksa harus menjalani perawatan medis dan karantina mandiri  sebanyak 56 orang, terdiri 2 dokter IGD positif, 14 dokter harus jalani karantina dan 40 perawat  isolasi mandiri di rumah masing-masing. yul

iklan atas

Pos terkait

iklan atas