Lebaran, Seluruh Tempat Wisata di Kotim Tetap Tutup

  • Whatsapp
Lebaran, Seluruh Tempat Wisata di Kotim Tetap Tutup
Bupati Kotim H Supian Hadi

SAMPIT/Tabengan.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) memutuskan untuk menutup sementara tempat wisata yang ada di wilayah itu. Terutama saat libur Lebaran nanti.

Bupati Kotim H Supian Hadi mengatakan, penutupan lokasi wisata sudah diberlakukan sejak awal pandemi Covid-19 terjadi. Namun melihat longgarnya disiplin warga saat ini untuk tetap berada di dalam rumah, ia khawatir banyak warga yang berwisata terutama ke Pantai Ujung Pandaran di Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut kita tegas menutup tempat wisata terutama pantai Ujung Pandaran, semua warga kita larang bepergian ke sana,” ujarnya Jumat (22/5).

Menurut Supian, protokol kesehatan Covid-19 wajib diberlakukan dimana saja. Namun ia tidak bisa membuka tempat wisata meski diakuinya banyak permintaan warga untuk membuka lokasi wisata khusus pada hari lebaran. Sebab menurutnya di saat seperti itu ia yakin warga banyak yang mengabaikan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

“Saya khawatir terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Kotim apalagi kalau di lokasi wisata pasti berkerumun, untuk itu nanti kita juga akan melibatkan pihak kepolisian dan TNI untuk menjaga lokasi,” katanya.

Selain lokasi wisata, berdasarkan hasil rapat bersama tokoh agama di Kotim seperti PHBI, NU, Muhammadiyah, MUI dan Dewan Masjid Indonesia dan Kemenag Kotim sepakat untuk meniadakan pelaksanaan Salat Idul Fitri baik di masjid maupun di lapangan terbuka. Tak hanya itu pihaknya juga melarang pelaksanaan takbiran dilakukan oleh warga.

“Kita instruksikan agar warga dapat beribadah Salat Idul Fitri di rumah saja. Surat instruksi ini segera akan kami edarkan ke desa dan juga Kecamatan untuk dapat dipatuhi oleh semua warga,” tandasnya. c-may

Pos terkait