Sudah Sembuh, Pasien Covid-19 Kembali Terdeteksi Positif

  • Whatsapp
Sudah Sembuh, Pasien Covid-19 Kembali Terdeteksi Positif
Bupati Kotim H Supian Hadi
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kembali bertambah. Namun penambahan kasus positif bukan berasal dari pasien yang baru, melainkan pasien yang sudah dinyatakan sembuh sebelumnya namun terdeteksi masih positif.

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kotim yang juga Bupati Kotim H Supian Hadi mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan swab terakhir pasien 018 dinyatakan masih positif Covid-19.

“Pasien 018 ini awalnya merupakan pasien dengan kode 04 asal Kecamatan Baamang yang sudah dinyatakan sembuh. Namun swab terakhir ternyata masih positif,” ujarnya ketika konferensi oers di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jumat (22/5/2020).

Karena hasil pemeriksaan masih menyatakan positif, maka pasien 018 yang merupakan laki-laki berusia 48 tahun tersebut kembali dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit dr Murjani Sampit. Untuk itu Supian mengingatkan agar semua warga dapat terus meningkatkan kewaspadaan.

Sebab, ternyata meskipun sudah dinyatakan sembuh pasien tetap bisa terinfeksi kembali. Begitu pula untuk kasus Covid-19 di Kotim tidak hanya menyasar pada warga usia rentan yakni 40 ke atas, namun juga sudah mulai menyasar kepada anak-anak. Hal ini bisa dilihat dari adanya pasien positif Covid-19 yang dirawat berusia 12 tahun.

“Jadi jangan ada anggapan bahwa anak-anak itu imunnya kuat sehingga protokol kesehatan tidak dijalankan dengan maksimal. Padahal semua usia rentan terserang penyakit ini,” terangnya.

Kemudian ia juga menyampaikan ada satu PDP Covid-19 asal Kabupaten Seruyan yang dirawat selama satu hari di Rumah Sakit dr Murjani Sampit yang meninggal dunia, Jumat (22/5). Proses penanganan jenazah PDP asal Seruyan tersebut dilakukan sesuai dengan protokol pemakaman pasien positif Covid-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kotim dr Faisal Novendra Cahyanto mengungkapkan pasien 018 yang sebelumnya pasien 04 menjalani beberapa kali swab. Pada dua swab terakhir hasilnya negatif.

“Sesuai aturan jika dua kali swab menggambarkan negatif maka dinyatakan sembuh. Namun masih ada satu hasil swab yang baru keluar dan ternyata positif,” tuturnya.

Sejauh ini, menurutnya, kondisi pasien 018 dalam kondisi stabil. Ia berharap pasien tersebut dapat benar-benar dinyatakan sembuh dari penyakit tersebut. c-may

iklan atas

Pos terkait

iklan atas