Harga Bawang Merah Naik Rp67 Ribu/Kg

  • Whatsapp
Harga Bawang Merah Naik Rp67 Ribu/Kg

SAMPIT/tabengan.com – Harga bahan bumbu dapur kembali mengalami peningkatan. harga bawang merah melonjak menjadi Rp67 ribu dari harga normalnya sekitar Rp30 ribu-Rp35 per kilogram.

Nanang, salah satu pedagang bawang merah di Pasar Keramat Sampit mengungkapkan, kenaikan harga bawang merah sudah terjadi hampir lebih sepekan. Kenaikan tersebut berasal dari daerah pemasok yakni dari Pulau Jawa.

“Kita hanya mengikuti harga dari pemasok kalau dari sana sudah mahal otomatis harga disini juga naik,” tuturnya, Kamis (21/5/2020).

Menurutnya, di pasaran ada beberapa jenis bawang merah yang dijual, untuk jenis bawang merah impor dari India harganya dibanderol lebih murah daripada harga bawang lokal yakni berkisar Rp 29 ribu perkilogramnya. Hanya saja, peminat bawang impor yang mempunyai tekstur lebih besar ini kurang banyak sebab beberapa konsumen menilai rasa bawang tersebut kurang nikmat apabila dibandingkan dengan rasa bawang lokal.

“Katanya apabila dibuat jadi bawang goreng pun kurang bagus, cenderung kurang kering karena bawangnya agak basah dan juga pedasnya bawang kurang terasa,” tuturnya.

Ia belum mengetahui sampai kapan harga bawang merah akan kembali normal, apalagi untuk pasokan di Kotim sangat bergantung dengan pasokan dari luar daerah. c-may

Pos terkait