Abrasi Pantai Ujung Pandaran Makin Parah

  • Whatsapp
Abrasi Pantai Ujung Pandaran Makin Parah

SAMPIT/tabengan.com- Kondisi abrasi di kawasan wisata Pantai Ujung Pandaran, Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur semakin parah. Belakangan ini gelombang tinggi yang terus menghantam bibir pantai mengakibatkan pengikisan pantai berlangsung lebih. Cepat bahkan saat ini abrasi sudah hampir mencapai bangunan Rumah Betang yang ada di pantai tersebut.

Camat Teluk Sampit Juliansyah mengungkapkan, semenjak gelombang tinggi yang terjadi beberapa pekan terakhir kondisi, pantai terus terkikis. Bahkan jika dalam sebulan ke depan tidak ada upaya untuk penanggulangan abrasi tersebut, diperkirakan kondisi Rumag Betang yang ada di pantai tersebut juga akan terdampak dan terancam roboh.

“Abrasi yang paling parah itu di kawasan pantai depan Rumah Betang, saat ini air laut bahkan sudah hampir mencapai tangga rumah betang. Belakangan ini proses abrasi memang berlangsung lebih cepat, karena gelombang tinggi yang menghantam pantai,” terang Juliansyah, Selasa (19/5/2020).

Disampaikan Juliansyah, meski di kawasan tersebut sebelumnya sudah dilakukan berbagai upaya untuk mencegah abrasi. Seperti dengan pemasangan sabuk pantai, pemecah ombak dan lainnya, namun hal tersebut belum sepenuhnya mampu mencegah abrasi.

Abrasi yang terjadi saat ini dikhawatirkan akan merusak bangunan Rumah Betang di kawasan Pantai Ujung Pandaran, yang merupakan aset pemerintah daerah. Pihaknya, jelas Juliansyah, saat ini masih terus memantau kondisi kawasan tersebut.

Semenjak pandemi Covid-19 melanda, kawasan wisata Pantai Ujung Pandaran juga sangat terdampak, karena sepinya kunjungan wisatawan. Pantai tersebut biasanya dipadati wisatawan pada H+2 Lebaran Idul Fitri dan saat pergantian tahun. Namun karena saat ini masih pandemi Covid-19, diperkirakan pada H+2 lebaran tahun ini tidak akan seramai tahun-tahun sebelumnya. c-arb

Pos terkait