Ngeri! Ular Sanca 3 Meter Mangsa Ternak Warga

  • Whatsapp
Ngeri! Ular Sanca 3 Meter Mangsa Ternak Warga
Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim saat mengevakuasi ular sanca yang sempat memangsa ternak warga, Senin (18/5/2020). ISTIMEWA

SAMPIT/tabengan.com – Seekor ular sanca batik yang panjangnya lebih dari 3 meter berhasil dievakuasi oleh petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Timur, Senin (18/5/2020) sekitar pukul 07.00 WIB, di kandang ayam milik warga di Jalan Jendral Sudirman Km 1 Sampit, Kelurahan Mentawa Baru Hulu, Kecamatan MB Ketapang, Kotin. Ular sanca tersebut rupanya sempat memangsa ternak milik warga.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim, Rihel mengungkapkan, evakuasi ular tersebut bermula saat anggotanya menerima informasi dari masyarakat yang melihat ular sanca kembang atau malayopython reticulatus berada di dalam kandang ayam dan sudah memakan seekor ayam.

Kemudian 7 orang personel dan satu mobil pemadam kebakaran langsung meluncur ke lokasi. Petugas kemudian mempersiapkan sejumlah perlengkapan untuk evakuasi ular tersebut. Seperti tongkat dan beberapa alat pelindung.

“Saat tiba di lokasi, petugas langsung menemukan ular sanca kembang/batik yang masih berada di dalam kandang ayam. Anggota tidak mengalami kesulitan saat melakukan proses evakuasi, sebab ular sanca kembang tersebut tidak begitu agresif atau melakukan perlawananan,” terang Rihel saat dikonfirmasi, Senin.

Ular tersebut kemudian dievakuasi petugas dengan memasukannya ke dalam karung dan membawanya ke tempat yang aman. Ular yang ditangkap tersebut setelah diukur memiliki panjang lebih dari 3 meter. Pada bagian perut ular tersebut terlihat menggembung, usai memangsa ayam yang ada di dalam kandang tersebut. c-arb

Pos terkait