Soal BLT, Barut Minta Waktu Kumpulkan Data Penerima

  • Whatsapp
Soal BLT, Barut Minta Waktu Kumpulkan Data Penerima

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pemerintah Kabupaten Barito Utara memberikan klarifikasi perihal penyampaikan informasi program bantuan sosial tunai dari Kementerian Sosial RI di daerah tersebut. Pihaknya tidak menolak bantuan tersebut, hanya saja meminta waktu ke pihak Kemensos untuk mengumpulkan data masyarakat yang akan menerima bantuan tersebut.

Plt. Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan dan Desa Kabupaten Barito Utara, Everady Noor menyampaikan, pihaknya menerima surat dari Kemensos RI yang meminta segera menyerahkan data masyarakat yang akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dengan jumlah kuota yang diberikan sebanyak 2213 Kepala Keluarga (KK), waktu hanya 2 hari sejak surat tersebut diterima.

“Kami pun membalas surat dari Kemensos RI, sifatnya bukan menolak, hanya minta waktu untuk mendata ulang. Karena waktu yang diberikan dengan surat disampaikan ke Muara Teweh itu 2 hari harus memenuhinya. Tentu tak cukup waktu untuk mengumpulkan data sebanyak itu. Kami sudah berkomunikasi dengan pihak kementerian untuk mendata lagi,” kata Everady, Kamis (14/5) ketika dihubungi via telpon.

Saat ini, katanya, kami sedang menyusun ulang data dan memilah orang yang memang belum mendapatkan bantuan sama sekali dari pemerintah, seperti bantuan tunai dari dana desa, Penerima Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan non pangan tunai. Kami tidak ingin ada yang ganda menerima bantuan dari pemerintah, sehingga data yang ada tidak diserahkan ke Kemensos. Biar tak ada tumpang tindih. Pendataan sedang berjalan, kami berharap Minggu ini sudah terkumpul, selanjutnya dimasukan ke aplikasi data Kemensos RI.

“Kalau tumpang tindih data lebih repot lagi mengurusnya. Jadi kami tidak mau buru-buru. Waktu 2 hari yang diberikan Kemensos, sulit memenuhinya karena memang jarak antar daerah berjauhan,” imbuh Everady.

Menurut Everady, jumlah kuota yang diberikan oleh Kemensos dan harus dikumpulkan dalam waktu 2 hari, sulit rasanya dipenuhi, tidak gampang mengumpulkan ribuan data. Jika jumlahnya hanya dibawah seribu, mungkin masih mampu dalam waktu 2 hari tersebut.yml

Pos terkait