Lima Pencuri Rumah Kosong Diamankan

  • Whatsapp
Lima Pencuri Rumah Kosong Diamankan
Lima orang tersangka pelaku pencurian saat diamankan di Polres Barut.

MUARA TEWEH/tabengan.com – Lima orang pencuri rumah kosong berhasil diamankan aparat dari Satuan Rerskrim Polres Barito Utara (Satreskrim Polres Barut), masing-masing dengan inisial, IN (20), MR (19), AP (21), BA (16) dan RM (22), pada Sabtu (9/5). Mereka diamankan di dua tempat berbeda pada tengah malam dan siang hari.

Kelima orang ini diketahui membobol rumah kosong milik Heliansyah di Jalan Manggis RT 02 Kelurahan Melayu, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Jumat (8/5). Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kusuma melalui Kasat Reskrim AKP Kristanto Situmeang, Senin (11/5), mengatakan para pelaku diamankan atas dasar laporan warga Dede Prasetya, yang mengetahui ada sejumlah remaja masuk rumah kosong milik Heliansyah.

Dikatakannya, berdasarkan keterangan pelapor dan saksi-saksi, didapat informasi bahwa pelaku yang masuk ke dalam rumah korban diduga 3 orang, terdiri dari 2 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Di TKP juga ditemukan sepeda motor merk Yamaha Mio warna hitam Nopol KH 2949 EQ diduga milik salah satu pelaku yang tertinggal. Namun saat hendak ditangkap mereka melarikan diri.

“Mereka terkejut saat masuk kedalam rumah, pelapor dan kerabat pemilik rumah kaget melihat isi perabotan berantakan,” kata Kasat Reskrim. Sepengetahuan pelapor, barang yang telah hilang berupa TV LG 29 inchi warna hitam merah, Accu merk GS 50Ah dan merk YUASA 40Ah telah hilang. Kerugian diperkirakan Rp3.500.000 (tiga juta lima ratus ribu rupiah).

Rumah milik Heliansyah ini kosong tidak dihuni, karena pemilik rumahnya sedang menjalani proses hukum. “Dua pelaku berhasil kita tangkap Sabtu malam, IN dan MR di Jalan Mangkusari. Lalu untuk ketiga tersangka lainnya, AP (21), BA (16) dan RM (22) di tangkap keesokan harinya di rumah mereka masing-masing di di Komplek Perumahan Borobudur, Jalan Pendreh, Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah,” ujar Kristanto.

Mereka dalam menjalankan aksi pencurian, dilakukan secara berulang-ulang. Petama dilakukan pada Selasa (5/11) sekira pukul 01.00 Wib, dengan cara menggunting dinding kawat menggunakan tang, kemudian masuk melalui dapur dan selanjutnya mengambil barang-barang berupa TV, Accu dan kipas angin.

Di waktu yang berbeda, para tersangka kembali ke TKP dan mengambil setrika, HP, kamera digital dan inverter yang kini berhasil diamankan sebagai barang bukti. “Terhadap para pelaku ini, polisi mengenakan pasal 363 KUH Pidana,” ujar Kasat Reskrim. c-ryu

Pos terkait