Anggaran Penanganan Covid-19, Sejak Mei RSDS Baru Terima Rp2,2 M dari Pemprov

  • Whatsapp
Anggaran Penanganan Covid-19, Sejak Mei RSDS Baru Terima Rp2,2 M dari Pemprov
drg Yayuk Indriati
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Doris Sylvanus Palangka Raya drg Yayuk Indriati mengatakan, cukup banyak kebutuhan anggaran selama wabah Covid-19. Semenjak Kalteng ditetapkan tanggap darurat pada Maret lalu, pihaknya mendapatkan dukungan anggaran dari Pemerintah Provinsi sebanyak Rp2,2 miliar, itu merupakan anggaran tahap pertama.

“Khusus untuk penanganan Covid-19, sejak Kalteng ditetapkan sebagai tanggap darurat pada Maret, Doris Sylvanus mendapatkan pagu untuk penanganan Covid-19 sebanyak Rp2,2 miliar, itu tahap satu. Setelah itu dapat kami ajukan lagi penambahan untuk tahap berikutnya setelah selesai mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran tahap satu,” kata Yayuk, ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (8/5).

Menurut Yayuk, kebutuhan anggaran sangat dinamis, belanja-belanja kebutuhan dalam penanganan wabah ini kadang di luar prediksi. Rencananya Minggu depan pihaknya akan mengajukan lagi ke pemerintah untuk kebutuhan anggaran tahap dua yang jumlahnya lebih besar dari sebelumnya, kurang lebih Rp5 miliar.

Dijelaskan Yayuk, anggaran tahap satu seluruhnya digunakan untuk penanganan Covid-19. Memenuhi standar pelayanan untuk mencegah dan pengendalian infeksi lebih luas. Pada prinsipnya ingin melindungi warga masyarakat agar tidak tertular, kemudian petugas kesehatan juga terlindung, sehingga tidak menular dan ditulari.

Wabah Covid-19 termasuk cukup berat, sehingga harus mengadakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai level zona dengan memerlukan biaya yang banyak. Kemudian penambahan fasilitas kamar isolasi yang tadinya khusus kamar isolasi yang diakibatkan wabah hanya ada 4 ruangan, tetapi ditambah sebanyak 40 ruangan.

Kemudian juga untuk belanja lainnya seperti obat-obatan khusus yang tidak ada di anggaran rutin, sehingga harus minta dukungan anggaran juga ke pemerintah, itu menyedot anggaran, kemudian obat, makanan, alat habis pakai, juga untuk pasien.

Kemudian pasien itu datang dari berbagai daerah, bahkan sampai ke pemakamannya sekalipun ditanggung oleh RSUD Doris Sylvanus dengan anggaran yang diberikan oleh pemerintah tersebut.

Sementara pada anggaran tahap satu belum termasuk untuk honorium para tenaga medis maupun relawan penanganan Covid-19. Akan diajukan di tahap kedua, jadi anggaran tahap satu betul-betul hanya untuk belanja logistik barang habis pakai.

“Jadi kami akan ajukan di tahap kedua, semuanya mengacu pada UU yang berlaku, teman-teman yang kerja diisolasi akan kami ajukan honornya dan kemudian perlindungan yang lain semua teman-teman. Prinsipnya masuk menghadapai wabah ini tidak boleh ada yang tidak pakai APD, tidak boleh ada yang tertular, target kami zero infektion ke petugas medis, tapi nyatanya jebol juga akhirnya. Harapannya ke depan tidak ada lagi dan level APD akan dinaikkan,” imbuh Yayuk.

Sementara tim medis juga menjadi perhatian khusus, untuk daya tahan tubuh diberikan vitamin secara rutin. Kemudian membangun wadah untuk mereka konsultasi kesehatan. Apabila mereka sakit bisa konsultasi dan akan diberikan sesuai indikasi penanganannya. Kemudian memberikan jatah istirahat yang cukup, kerja berbagi waktu, sehingga tidak kelelahan.

“Tenaga medis dan relawan mencapai 430 orang yang aktif terlibat penanganan pasien positif Covid 19, mulai dari dokter sampai yang bertugas di kamar jenazah. Untuk makan siang ditanggung oleh rumah sakit, kemudian mereka disiapkan tempat inap di hotel Dandang Tingang, namun tidak cukup juga, sehingga diperluas ke Wisma Rimbaone, dan kemudian di asrama diklat rumah sakit,” pungkas Yayuk.

Kemudian pihak rumah sakit juga menyiapkan fasilitas untuk tim medis membersihkan diri setelah bertugas, sehingga bisa pulang ke rumah sudah dalam keadaan steril. Sedangkan bagi keluarga tenaga kesehatan, tidak ada perhatian khusus, namun apabila mendapatkan keluhan mereka tidak mendiamkan diri, rumah sakit akan memberikan fasilitas perawatan. yml

iklan atas

Pos terkait

iklan atas