Mahasiswa Kalteng di Yogyakarta Nantikan Bantuan Pemda

  • Whatsapp
Mahasiswa Kalteng di Yogyakarta Nantikan Bantuan Pemda
Tampak Asrama Mahasiswa Kalteng di Pakuningratan Yogyakarta

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19 yang terjadi di Indonesia, juga berdampak terhadap Mahasiswa serta pelajar asal Kalimantan Tengah (Kalteng), yang sedang menimba ilmu di kota Yogyakarta.

Dari informasi yang berhasil dihimpun tim redaksi Tabengan, Kamis (7/5), saat ini Mahasiswa asal Kalteng yang sedang menimba ilmu di kota Gudeg tersebut sedang menghadapi berbagai kesulitan dan perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah (Pemda), baik itu dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng maupun seluruh pemerintah kabupaten/kota se Kalteng, dimana masing-masing Mahasiswa ini berasal.

Salah satu Mahasiswa asal Kalteng bernama Yordi, yang dihubungi Tabengan, menyampaikan bahwa kondisi Mahasiswa asal Kalteng, sedang diperhadapkan pada situasi yang sangat sulit.

“Memang untuk saat ini kami tidak bisa berbuat banyak, meski dengan kondisi serba keterbatasan dengan makan seadanya, dan tidak ada pilihan lain, kita hanya berupaya untuk tetap bertahan semampunya saja, dengan cara saling membantu satu sama lainnya. Kondisi kami disini sangat lah sulit, terlebih lagi sekarang kami jauh dari orang tua dan keluarga,” ungkap Yordi.

Dikatakannya, mereka bertahan semampunya, baik itu Mahasiswa yang ada di asrama Pakuningratan maupun di asrama Abu Bakar Ali (ABA) Yogyakarta, ataupun yang tinggal di kos-kosan maupun yang tinggal di rumah kontrakan.

“Yang pasti kami saling bantu satu sama lainnya. Untuk bantuan dari pemerintah sampai saat ini masih belum ada,” ungkap Yordi.

Dikatakan, di asrama Pakuningratan, ada sekitar 14 orang Mahasiswa yang rata-rata berasal dari kabupaten/kota se Kalteng. Kemudian ada juga yang tinggal dikos-kosan serta rumah kontrakan, sehingga tercatat ada sekitar kurang lebih 200 orang. Kemudian, pihaknya juga menerima informasi ada turun bantuan dari Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat.

Pihaknya juga sangat bersyukur serta menyampaikan ucapan terima kasih, kepada sejumlah pihak yang telah peduli terhadap kondisi mereka, di antaranya bantuan dari warga Yogyakarta, bantuan dari para alumni asal Kalteng lulusan dari Yogyakarta, yang disalurkan secara pribadi, kepada Mahasiswa disana.

Dia juga mengharapkan, agar kedepan ada perhatian dari seluruh pemda Kalteng kepada para Mahasiswa yang ada disana. Karena tidak semua Mahasiswa yang menuntut ilmu di daerah tersebut berasal dari keluarga yang mampu. Terlebih ditengah pandemi Covid-19 sekarang ini, yang tentunya mempengaruhi ekonomi masyarakat, termasuk orang tua mereka.

“Meski kami tidak memaksa, setidaknya pemda juga bisa memperhatikan nasib kami disini. Ya, sekali lagi untuk sementara waktu ini, kami hanya bisa saling membantu satu sama lainnya. Dan semoga saja, pemerintah daerah, para kepala daerah, baik itu Gubernur Kalteng, Bupati dan Walikota juga bisa memperhatikan nasib kami disini,” pungkasnya. sgh

Pos terkait