IOF Pengda Kalteng dan Kalteng22 Serahkan 35 APD ke Penggali Makam dan MDMC

  • Whatsapp
IOF Pengda Kalteng dan Kalteng22 Serahkan 35 APD ke Penggali Makam dan MDMC
Ketua Pengda IOF Provinsi Kalteng, Harry Fernando Toeweh melalui Sekretaris IOF Pengda Kalteng Jati Asmoro, menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD), kepada penggali makam. Bantuan diberikan sebagai bentuk kepedulian, dan perlindungan bagi penggali makam, untuk dapat mengikuti prosesi pemakaman, Rabu (6/5) di Palangka Raya. Tabengan/Dedy
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Indonesia Off-Road Pengurus Daerah Kalimantan Tengah (IOF Pengda Kalteng) dan Kalteng22, melakukan aksi kepedulian atas kondisi penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Kalteng. Penyerahan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) menjadi salah satu konsentrasi dan fokus yang dibagikan IOF Pengda Kalteng dan Kalteng22.

Sebanyak 35 buah APD yang terdiri atas baju hazardous material (hazmat) dan masker diserahkan kepada Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), dan juga penggali makam yang berada di Km 12 Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya. Ketua Pengda IOF Provinsi Kalteng, Harry Fernando Toeweh melalui Sekretaris IOF Pengda Kalteng Jati Asmoro, menyampaikan, menyerahkan bantuan dari IOF Kalteng dan Kalteng22 Offroad berupa APD sebanyak 35 buah.

Penerima bantuan, kata Jati lagi, MDMC Palangka Raya, dan penggali makam Taman Pemakaman Umum (TPU) Km 12 Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya. Khusus bagi penggali makam, selama ini mendengar keluhan yang disampaikan. Para penggali makam khawatir juga terpapar virus Covid-19 apabila ikut terlibat dalam prosesi pemakaman.

“Adanya keluhan itu, dan tersampaikan ke IOF Penda Kalteng dan Kalteng22 Offroad, sehingga memutuskan untuk menyerahkan APD ini secara langsung, sehingga dapat bermanfaat, dan mengurangi kekhawatiran para petugas di lapangan, saat melakukan prosesi pemakaman orang yang diduga meninggal akibat Covid-19,” kata Jati, Rabu (6/5) di Palangka Raya.

Harapan besar, kata Jati, apa yang disalurkan ini menjawab keluhan para petugs di lapangan, yang kekurangan APD dalam ikut prosesi pemakaman. Adanya APD ini pula, bentuk kepedulian IOF Pengda Kalteng dan Kalteng22 Offroad, atas keluhan para penggali makam

Terpisah, Jon selaku pengelola TPU Km 12 Jalan Tjilik Riwut menyampaikan terima kasih, dan apresiasi atas apa yang diserahkan oleh IOF Pengda Kalteng dan Kalteng22 Offroad. Selama ini, prosesi pemakaman tidak diikuti secara tuntas, dimana penggali hanya berani ikut menggali saja, sementara untuk menimbun tidak berani.

“Terima kasih kepada IOF Pengda Kalteng dan Kalteng22 Offroad, yang sudah memberikan APD. Ini sangat besar manfaatnya bagi petugas yang ada di lapangan, dalam menjalankan tugas. Adanya APD yang diserahkan ini, petugas di lapangan akan dapat melaksanakan prosesi pemakaman, mulai dari menggali, sampai menimbun,” kata Jon singkat.

Sementara, Ketua MDMC Palangka Raya Apri Husin Rahu, mengatakan, selama ini MDMC dalam menjemput pasien yang diduga terpapar Covid-19 menggunakan PAD yang berasal dari swadaya, dam bantuan beberapa pihak. Adanya bantuan yang diserahkan IOF Pengda Kalteng dan Kalteng22 Offroad, tentu semakin menambah jumlah APD yang dimiliki.

“Bantuan yang diserahkan ini, besar manfaatnya bagi kami dari MDMC dalam menjemput pasien yang diduga terpapar Covid-19. Terima kasih, dan apresiasi, dan tentu saja bantuan ini akan dimanfaatkan semaksimal mungkin, dalam mendukung perlindungan petugas dari paparan virus Covid-19,” kata Apri singkat.ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas