Pelatih Nasional Sebut PON XX Ditunda Keuntungan bagi Atlet

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Dua pelatih dari cabang olahraga Dayung dan Panahan asal Kalimantan Tengah (Kalteng) yang berada di pusat pelatihan nasional memberikan komentarnya terkait ditundanya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Papua ke 2021.

Menurut pelatih panahan, Sapriatno, penundaan PON XX yang semula akan mulai digelar Oktober 2020 menjadi tahun depan, hal itu sudah tepat karena mempertimbangkan wabah virus Corona (Covid-19). Jika dipaksa digelar sesuai dengan jadwal sebelumnya maka akan berisiko bagi atlet maupun pelatih.

“Saya pikir saat ini bukan masalah PON XX ditunda, ini kan karena ada bencana wabah Covid-19, kalau dipaksakan digelar tahun ini justru berisiko bagi atlet, pelatih dan kontingen umum,” kata pria asal Lamandau ini, Selasa (5/5).

Mantan atlet Pelatnas panahan sekaligus peraih medali emas pada PON XIX, 2016 yang kini sebagai pelatih Pelatnas untuk atlet disabilitas ini mengaku, sebagai pelatih, penundaan ini justru menguntungkan karena bisa menyiapkan atletnya bisa lebih matang. Harus fokus dan tetap semangat latihan untuk Kalteng, sehingga bisa meraih prestasi yang lebih baik dibanding event yang sama empat tahun lalu di Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Sementara itu, pelatih nasional Dayung asal Kalteng, Lampung juga menyambut baik dengan adanya penundaan ini sehingga memiliki waktu yang lebih banyak untuk menyiapkan tim dayung asal Kalteng untuk berlaga di PON. Andai saja tidak tunda pelaksanaannya, ia yakin tim Kalteng tidak akan tampil maksimal di PON XX.

“Sangat baik ditunda, biar tim dayung Kalteng ada waktu persiapan untuk menghadapi PON. Kalau tetap digelar tahun ini, peluang kita untuk dapat prestasi tetap ada, hanya saja tidak bisa menyamai hasil yang diraih pada saat Pra PON yakni semua nomor kita lolos,” imbuh Lampung.

Pada saat pra PON XX yang digelar pada Desember 2019 di Karawang, Jawa Barat, 18 nomor yang dipertandingkan, tim Kalteng berhasil meloloskan semuanya dan meraih 3 medali emas dan 3 perak. yml

Pos terkait