Pasien Tidak Jujur, Tim Medis Mura Positif Covid-19

  • Whatsapp
Pasien Tidak Jujur, Tim Medis Mura Positif Covid-19
Drs Hermun Ketua GTPP Didampingi dr . Suria Siri dan Kepala BPBD Merkudius Dani serta Kepala RSUD dr.Martiin Maha saat pers rilis update Covid-19, Senin (4/5). TABENGAN/JOKO
iklan atas

PURUK CAHU/tabengan.com – Belum sepekan Kabupaten Murung Raya (Mura) sudah menambah 11 kasus positif Covid-19 hingga tembus di angka 34 kasus. Fenomena pesatnya perkembangan kasus positif covid-19 di Mura, menurut dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya dr. Suria Siri disebabkan beberapa faktor pencetus, seperti tidak jujurnya warga terhadap petugas medis yang melakukan pemeriksaan dalam hal pernah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, ketidak tahuan warga telah terinfeksi covid-19, dan tidak patuhnya sebagian oknum warga terhdap imbauan yang telah dikeluarkan pemerintah.

Sementara itu Kepala RSUD Puruk Cahu dr. Martin Maha saat mendampingi Sekda Mura Drs.Hermon yang saat itu juga bertindak sebagai Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Murung Raya, Senin (4/5) menjelaskan, akibat ketidakjujuran warga saat dilakukan pemeriksaan berdampak kepada terinfeksinya tenaga medis yang jumlahnya belum bisa disampaikan saat per rilis. Dari keterangan tersebut mengindikasikan bahwa transmisi sudah bukan dari klaster Gowa saja pencetus awal penularan tetapi sudah meluas terhadap antarwarga hingga menginfeksi tenaga medis.

Masih dalam pers rilis update kasus Covid-19, Ketua Harian GTPP Mura Drs Hermon menyebutkan, total kasus Covid-19, Senin (4/5) di Kabupaten Murung Raya dari 35 kasus ODP selesai pemantauan ada 27 orang sedangkan masih proses pemantauan 2 orang. Sedangkan untuk total kasus dari 27 kasus PDP selesai pengawasan sebanyak 9 orang dan positif terkonfirmasi 18 orang dan proses pengawasan nihil. Sementara itu total kasus OTG (orang tanpa gejala) dari hasil tracking ditemukan sebanyaka 445 kasus, 318 orang diantaranya telah melakukan repid test dan reaktif sebanyak 36 orang.

Kemudian untuk kasus terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan dengan metode Polymirase Chain Reaction dibuktikan 34 orang positif covid-19. Secara detail dari Kecamatan Murung ada 9 orang warga dari desa Mangkahui, 6 orang warga dari Kelurahan Beriwit, 1 orang warga dari desa Batu Putih. Kemudian dari Kecamatan Laung Tuhup terdapat 2 orang dari Kelurahan Muara Tuhup. Sedangkan dari Kecamatan Permata Intan 1 orang dari kelurahan Muara Bekanon . Terakhir dari Kecamtan Tanah Siang Selatan mengalami lonjakan signifikan terkonfirmasi 14 orang dari desa Dirung lingkin dan 1 orang dari desa Sungai Batang.Sjs

iklan atas

Pos terkait

iklan atas