Triwulan II, Penerimaan Pajak Pemko Capai 32 Persen

  • Whatsapp
Triwulan II, Penerimaan Pajak Pemko Capai 32 Persen
Walikota Palangka Raya Fairid Naparin

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengungkapkan, penerimaan pajak daerah kota sampai dengan triwulan II tahun 2020, secara kumulatif mencapai angka 32 persen, dari yang ditargetkan sebesar 40 persen.

“Realisasi pajak daerah secara kumulatif sudah mencapai 32,22 persen dari total target penerimaan pajak pada triwulan II sebesar 40 persen,” sebutnya kepada awak media melalui Whatsapp, Minggu (3/5).

Adapun pajak daerah yang dikelola Pemerintah Kota (pemko) Palangka Raya melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) berjumlah 11 jenis, terdiri dari pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, penerangan jalan, parkir, air bawah tanah, sarang burung walet, mineral bukan logam, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

“Secara persentase, penerimaan pajak saat ini sudah terealisasi yaitu pajak hotel sebesar 26,23 persen, pajak restoran 36,25 persen, pajak hiburan 28 persen, pajak reklame 29,68 persen, pajak penerangan jalan 35,01 persen serta pajak parkir 54,46 persen,”bebernya.

Selanjutnya, pajak air bawah tanah sebesar 59,56 persen, pajak sarang burung walet 26,26 persen, pajak mineral bukan logam sebesar 59,64 persen, PBB 16,03 persen serta BPHTB sebesar34,32 persen.

Fairid mengakui, belum tercapainya target penerimaan pajak pada triwulan II, salah satunya diakibatkan pandemi Covid-19 sehingga sejumlah sektor, yakni sektor ekonomi, jasa, pariwisata dan sektor lainnya, melemah dan lesu.

“Meskipun untuk target belum tercapai secara maksimal, namun kita patut bersyukur dengan capaian ini. Dan semoga saja pada triwulan dan tahun-tahun berikutnya semua target yang kita rencanakan bisa tercapai demi pembangunan kota kita tercinta ini,” harap Fairid Naparin.rgb

Pos terkait