Pembelajaran Sistem Online, Orang Tua Tetap Awasi Anak

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Wakil Ketua II Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Shopie Ariany yang membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menuturkan, saat menghadapi kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, berbagai langkah antisipasi harus diambil pemerintah.

Salah satunya meliburkan kegiatan belajar siswa, mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi.

Menurutnya, saat ini anak didik harus menjalani sistem belajar dari rumah menggunakan jaringan internet. Tentu peran orang tua sangat penting, terutama untuk memantau kegiatan belajar anak.

“Tingginya arus pertukaran informasi di dunia internet haruslah mampu diawasi orang tua, terutama bagi anak-anak yang menggunakan gadget. Batasi penggunaannya hanya untuk kegiatan belajar dan cegah mereka mengakses konten negatif. Manfaatkan liburnya kegiatan belajar anak dengan tetap memperoleh ilmu demi perkembangan diri dengan pengawasan dan dampingan orang tua,” katanya, Minggu (3/5).

Diakui Shopie, metode belajar dari rumah memang kurang efektif dibandingkan dengan belajar tatap muka bersama para guru. Pasalnya, tidak semua orang tua maupun guru itu memiliki pengetahuan yang baik tentang penggunaan teknologi, termasuk masih terbatasnya akses teknologi di wilayahnya masing-masing.

Karena itu, Politisi Partai Perindo ini juga memberi sedikit masukan bagi para guru, terutama kepada guru yang belum mumpuni dalam menggunakan gadget.

Para guru, lanjutnya, bisa mengajar anak didik langsung ke rumah, tentunya dengan mengikuti protap yang dikeluarkan pemerintah menjaga jarak.

“Atau bisa dengan membuatkan jadwal khusus kepada murid secara bergantian 3 atau 4 orang datang ke rumah guru agar para murid tidak tertinggal mata pelajaran nantinya,” pungkas Shopie. rgb

Pos terkait