Sungai Meluap Merendam 3 Kelurahan di Kumai

  • Whatsapp
Sungai Meluap Merendam 3 Kelurahan di Kumai
Sungai sungai kecil yang ada di Kecamatan Kumai meluap dan meredam rumah warga yang ada di Tiga Kelurahan

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Akibat tingginya curah hujan mengakibatkan beberapa sungai kecil yang ada di Kecamatan Kumai meluap, hal itu mengakibatkan rumah warga yang ada di Tiga Kelurahan terendam air, Jumat (1/4) malam.

Camat Kumai Yudi Hudaya mengatakan akibat tingginya curah hujan sehingga debit sungai kecil tidak mampu menampung air dan membanjiri rumah warga yang ada di Kelurahan Candi, Kumai Hulu dan Kelurahan Kumai Hilir.

“Sekitar pukul 17.00 WIB atau mau mendekati magrib, air dari sungai sungai kecil meluap karena debit air sungai melampaui batas kemampuan daya tampung, dan Sungai sungai kecil ini mengalir ke sungai besar Kumai, tadi kami pantau pun sungai besar Kumai sudah menambah debit airnya, ada kemungkinan tidak mampu lagi menampung dari sungai sungai kecil, ” Kata Camat Kumai Yudi Hudaya kepada Tabengan, Jumat melalui telepon seluler.

Yudi menambahkan juga wilayah pemukiman penduduk yang terendam air yakni untuk Kelurahan Candi ada di Rt 1 dan Rt 2, Kelurahan Kumai Hulu di Rt 3 dan Kampung Panggung Kumai Hilir di Rt 9. Namun demikian pihaknya masih terus mendata lagi.

“Kami masih mendata, karena air ini terus meluap, untuk berapa kepala keluarga masih kami lakukan pendataan, untuk saat ini air yang masuk kerumah warga mencapai 30 centimeter, kami pun mengimbau kepada warga agar mengungsi untuk sementara ketempat yang lebih tinggi dan aman dari luapan air sungai,” ujar Camat Kumai.c-uli

Pos terkait