Edarkan Uang Palsu di Kapuas, Warga Batola Diamankan

  • Whatsapp
Edarkan Uang Palsu di Kapuas, Warga Batola Diamankan
Rahmadani (42), warga Batola yang mengedarkan uang palsu (upal) di wilayah Kapuas, saat diamankan polisi.
iklan atas

KUALA KAPUAS/tabengan.com – Akibat mengedarkan uang palsu di wilayah hukum Polres Kapuas, Rahmadani (42), warga Desa Tunjang RT/RW 01/01 Kecamatan Cerbon, Kabupaten Barito Kuala, Propinsi Kalimantan Selatan, harus berurusan dengan Tim Resmob Polres Kapuas.

Penangkapan terhadap pelaku dilakukan pada Senin (23/4) atas laporan Eva Ayu, pemilik warung minum di seputaran Jalan Jepang. Pelaku membayar harga minumannya dengan mempergunakan uang kertas pecahan Rp100.000. Pelapor curiga dengan kondisi uang kertas yang diberikan pelaku, dan minta untuk ditukar dengan uang lain saja. Namun pelaku justru bergegas pergi.

Mendapatkan laporan berikut ciri-ciri pelaku, tim Resmob Polres Kapuas langsung melakukan pencarian. Pelaku akhirnya dapat diamankan pada saat berada di sekitar wilayah Banjarmasin. Berdasarkan pengakuan pelaku, uang palsu tersebut didapatkanya dari seseorang di wilayah Jawa Timur dengan cara dibeli dengan uang asli sebesar Rp3 juta, dan mendapat uang palsu Rp10 juta. Uang ini kemudian dijual kembali kepada seseorang di wilayah Kalsel sebesar Rp5 juta. Saat ditangkap, menurut pengakuan pelaku, baru sempat mengedarkan 3 lembar saja di wilayah Kapuas.

“Untuk pengembangan lebih lanjut, kita sudah lakukan koordinasi dengan pihak Polda Kalsel guna proses hukum lebih lanjut dan mengungkap jaringan pengedar upal ini. Untuk saat ini, guna mempertanggungjawabkan perbuatanya, pelaku sudah kita amankan di Mapolres Kapuas berikut satu lembar uang palsu pecahan Rp100 ribu” Kata Kapolres Kapuas AKBP Esa Estu Utama melalui Kasatreskrim Polres Kapuas AKP Tri Wibowo. c-yul

iklan atas

Pos terkait

iklan atas