Terapi Plasma Darah Baru Tahap Awal

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Beredar kabar di media sosial maupun televisi swasta nasional terkait upaya penanggulangan Covid-19 dengan memberikan Terapi Plasma Konvalesen (TPK) yang dicetuskan oleh dokter Theresia Monica Rahardjo bersama timnya.

Diharapkan, upaya TPK dalam menangani pasien Covid-19 dapat membuahkan hasil untuk pengobatan pasien Covid-19 di Indonesia, termasuk Kalimantan Tengah.

Menanggapi hal itu, dr Theodorus Sapta Atmadja, Wakil Direktur Pendidikan dan Kemitraan RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya mengatakan, memang terapi TPK dapat menjadi upaya dalam menangani pasien Covid-19, namun perlu dilakukan beberapa tahap pengujian.

“Terapi tersebut saat ini sepertinya memang sedang diteliti lebih lanjut. Segala upaya diusahakan untuk penderita Covid 19. Semoga pandemi ini segera berlalu,” kata Theo saat dibincangi Tabengan, baru-baru ini.

Lebih lanjut Theo mengatakan, plasma darah seseorang belum tentu cocok dengan orang lain. Sehingga memang untuk menetapkan TPK tersebut masih terlalu dini.

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr Suyuti Syamsul. Menurutnya, terapi plasma darah masih dalam tahap awal.

“Butuh penelitian lebih lanjut,” ujarnya.

Namun bagaimanapun harus tetap optimis untuk berupaya dalam penanggulangan Covid-19. dsn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas