2000 Karyawan dari 150 Perusahaan di Palangka Raya Dirumahkan

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palangka Raya, Mesliani Tara menuturkan jika dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan semenjak pandemi Covid-19 menyebar di Kota Cantik, telah berdampak luas mulai dari sosial hingga perekonomian. Hal tersebut juga dikatakannya berdampak pada sejumlah perusahaan dan menyebabkan keuangan perusahaan terganggu.

“Karena pandemi ini, mau tak mau semua harus mengambil kebijakan untuk mempercepat penanggulangan Covid-19. Akibatnya tentu berdampak pada dunia usaha. Menurutnya, dalam menangani hal tersebut perusahaan mengambil sejumlah langkah. Opsi yang pertama, perusahaan merumahkan pekerjanya sampai kondisi membaik akan di perkerjakan kembali,” tuturnya saat ditanya awak media, Senin (27/4).

Mesliani melanjutkan, opsi selanjutnya yakni perusahaan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena memang kondisi keuangan perusahaan sedang darurat. Untuk opsi yang pertama, dikatakannya biasanya untuk karyawan yang di rumahkan akan tetap menerima gajih namun hanya separuh, tetapi ada juga yang tidak.

“Kita semua merasa prihatin atas dampak dari Covid-19 yang menyebabkan banyak masyarakat kehilangan pekerjaannya, sebagai akibat dari ekonomi yang melemah,” ujar Mesliani.

Mantan Plt Kepala BKPSDM Kota Palangka Raya ini juga mengungkapkan, ada sekitar 29 sembilan perusahaan yang melakukan PHK kepada 160 karyawannya, dan ada sekitar 137 perusahaan yang sudah merumahkan 2055 karyawannya.

Dilanjutkannya, adapun bidang usaha yang rentan terdampak ekonomi Covid-19 adalah bidang perhotelan, pariwisata, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Tempat Hiburan Malam (THM). Selain itu, bidang tersebut juga lah yang paling banyak melakukan PHK dan merumahkan karyawannya.

“Jadi ada sekitar 2.215 orang yang terdampak dari pandemi Covid-19 yang harus di rumahkan dan diPHK. Oleh sebab itu, pemerintah pusat melalui Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian meluncurkan kartu prakerja untuk dapay dimanfaatkan oleh mereka yang membutuhkan,” pungkasnya. rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas