Dewan Dorong Percepatan Penanganan Covid-19

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Dalam rangka penjaringan aspirasi masyarakat Kota Palangka Raya belum lama ini, sejumlah anggota DPRD Kota Palangka Raya menggelar reses ke daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Kesempatan reses digunakan anggota dewan untuk menyerap aspirasi dan masukan dari masyarakat, terutama terkait program pembangunan yang selama ini dilakukan pemerintah.

“Reses utamanya untuk menyerap aspirasi, sekaligus memantau secara langsung kondisi pembangunan yang dilaksanakan di berbagai bidang. Termasuk yang menyentuh masyarakat atau bermanfaat bagi masyarakat. Tak lupa juga upaya penanggulangan Covid-19 menjadi prioritas kami dalam reses kemarin,” jelas ketua tim reses daerah pemilihan (Dapil) II, Riduanto, kemarin.

Adapun tujuan kunjungan, lanjut Riduanto, yakni Kelurahan Menteng tepatnya di Puskesmas Menteng, Kelurahan Palangka di Puskesmas Bukit Hindu, dan Pos BPBD Kelurahan Palangka.

Sementara agenda reses, diantaranya melakukan pertemuan dengan petugas tim gugus tugas Covid-19 di lapangan, aparat kecamatan, dan aparat kelurahan bersama masyarakat, kemudian ditindaklanjuti dengan peninjauan ke lapangan.

Untuk UPT Puskesmas Bukit Hindu, Politisi PDIP ini menjelaskan, pihak puskesmas setempat menyampaikan beberapa hal terkait pelayanan kesehatan selama pandemi Covid-19, penerimaan bantuan APD dan usulan percepatan perubahan anggaran maupun usulan lainnya.

Saat kunjungan di Kelurahan Palangka, lanjutnya, pihak setempat menyampaikan terkait pelayanan publik seperti urusan surat menyurat dan layanan lainnya tetap berjalan normal meskipun ada perubahan sistem. Termasuk adanya peningkatan pengurusan SKTM dan kondisi minimnya bantuan APD bagi petugas kelurahan.

“Sedangkan untuk di BPBD, terkait pelayanan publik tetap berjalan, khususnya yang berkaitan dengan penanganan Covid-19. Dimana telah terbentuk tim terpadu, pembukaan dapur umum dan mengkoordinasikannya dengan lembaga serta masyarakat untuk terlibat, serta masih minimnya fasilitas penanganan Karhutla,” bebernya.

Secara umum, kata Riduanto, kegiatan reses kali ini masih didominasi aspirasi masyarakat terkait usul perbaikan infrastruktur dan menunggu realisasi pembangunan yang telah diusulkan, baik melalui Musrenbang maupun reses.

Sedangkan dalam penanganan Covid-19, diharap adanya sosialisasi dari dinas terkait dan penyerahan bantuan sosial bagi masyarakat menengah ke bawah.

“Kita menyarankan agar Pemko bisa melakukan pemerataan pembangunan, khususnya di wilayah pinggiran. Juga mengingat tingginya kasus Covid-19, kita imbau agar lakukan pengecekan pada jenis bahan pokok serta sarana penunjangnya dan mencegah adanya oknum yang menimbun bahan pokok,” pungkas Riduanto.rgb

Pos terkait