Tipu Ratusan Juta, Bandar Arisan Bodong Ditangkap

  • Whatsapp
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com – Seorang ibu rumah tangga di Kecamatan Baamang yaitu KNI, ditangkap polisi karena dilaporkan melakukan penipuan hingga menyebabkan kerugian para korban yang mencapai ratusan juta rupiah. Tersangka menggunakan mudus arisan bodong dan investasi palsu untuk mengelabui para korbannya.

Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel SIK mengungkapkan, peristiwa ini bermula saat pelaku membuka sebuah arisan sejak bulan November 2018. Namun ternyata sebagian dari anggota arisan tersebut adalah fiktif. Setelah itu pelaku juga mencari korban lainnya dengan menjanjikan sebuah investasi yang keuntungannya sangat menggiurkan.

“Jadi si tersangka ini mengatakan akan menginvestasikan dana dari para korbannya ini ke sebuah koperasi di sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit. Para korban dijanjikan keuntungan 20 persen. Namun pada kenyataannya tidak ada itu semua, semua uang korban digunakan untuk kepentingan pribadi,” ungkap Kapolres yang didampingi Kapolsek Baamang Iptu Paramita Harumi, Senin (27/4/2020).

Karena tersangka tidak kunjung merealisasikan janjinya, sehingga membuat para korban tidak sabar dan terus menagih kepada tersangka. Akhirnya para korban kemudian melaporkan tersangka ke polisi. “Pelaku kemudian ditangkap di rumahnya,” lanjut Kapolres.

Kerugian yang diderita para korban, yang sudah didata oleh polisi mencapai Rp755 juta. Angka tersebut, jelas Kapolres, bisa saja bertambah jika ada korban lain yang melapor. Sebab itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang merasa menjadi korban arisan bodong dan investasi fiktif ini agar melapor ke polisi.

Para korban, lanjut Kapolres, mengalami kerugian yang bervariasi, ada sekitar 48 orang yang menjadi korban arisan bodong dan investasi fiktif ini. Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal penipuan yaitu pasal 378 KUHP. c-arb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas