Legislator Imbau Perusahaan Tidak Telat Bayar THR

  • Whatsapp
sigit widodo
Sigit Widodo
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Sigit Widodo mengimbau kepada perusahaan yang ada di kota setempat agar tidak telat membayar Tunjangan Hari Raya (THR) karyawannya meski pandemi virus Covid-19 di Kota Cantik masih terjadi.

Sebab menurut Sigit, THR merupakan hak para pekerja yang wajib dibayarkan, sesuai dengan undang-undang kementerian tenaga kerja (Kemenaker). Jika tidak dibayarkan, perusahaan tersebut bisa mendapat sanksi berupa denda.

“THR merupakan bagian dari pendapatan non upah yang wajib diberikan oleh pengusaha kepada pekerja atau buruh, sepuluh atau tujuh hari sebelum Hari Raya Keagamaan. Jika mampu, kita minta perusahaan yang masih bertahan di tengah pandemi ini jangan sampai telat membayar THR karyawannya,” tutur Sigit saat dihubungi Tabengan, Minggu (26/4).

Sedangkan bagi perusahaan yang tidak mampu membayar THR karena menurunnya pendapatan akibat pandemi Covid-19, politisi PDI Perjuangan ini juga berharap agar masing-masing pihak saling memahami dan mencari solusi yang tepat.

“Karyawan bisa meminta bantuan kepada organisasi buruh atau bisa juga langsung ke perwakilan buruh di perusahaan tersebut supaya melakukan komunikasi yang baik dengan pihak perusahaan,” jelasnya.

Jika perusahaan tidak mampu membayar THR sekaligus, lanjut Sigit, pembayaran THR dapat dilakukan secara bertahap. Bahkan jika perusahaan tak mampu membayar THR pada waktu yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan, pembayaran THR dapat ditangguhkan pembayarannya pada jangka waktu tertentu yang disepakati antara pihak perusahaan dan karyawan.

“Namun kita sangat berharap hal tersebut tidak terjadi, meskipun misalkan hanya dibayar setengah terlebih dahulu dan setengahnya dibayar kemudian tergantung kesepakatan. Terpenting perusahaan tidak melupakan kewajibannya memberikan THR kepada pekerjanya. Perkuat komunikasi antara perusahaan dengan karyawan agar hak dan kewajiban masing-masing pihak mampu terpenuhi,”tutup Sigit. rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas