Tak Ada Penerbangan, Pemeriksaan Swab Dialihkan ke Kalsel

  • Whatsapp

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Lantaran adanya penghentian transportasi udara, pemeriksaan swab pasien Covid-19 dialihkan dari BBLK (Balai Besar Laboratorium Kesehatan) Surabaya ke BBTKLPP (Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit) Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat Achmad Rois menjelaskan, karena tidak beroperasinya penerbangan ke Surabaya, pemeriksaan swab sampel pasien Covid-19 dialihkan ke Banjar Baru, mengingat hingga saat ini Kalimantan Tengah belum memiliki fasilitas laboratorium untuk pemeriksaan swab sampel pasien Covid-19.

“Saat ini kita hadapi kendala dihentikannya penerbangan berdampak proses pemeriksaan swap sampel karena selama ini kami menggunakan fasilitas laboratorium yang ada di Surabaya, kendala ini telah kami sampaikan kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah,” kata Achmad Rois, Minggu (26/4/2020).

Menurutnya, Dinas Kesehatan Provinsi telah melakukan koordinasi dengan BBTKLPP Banjarbaru dan hasil koordinasi berjalan lancar sesuai harapan.

“Setelah dilakukan koordinasi, BBTKLPP Banjarbaru siap memeriksa sampel yang nantinya akan dikirim oleh Rumah Sakit Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, dengan adanya signal baik dari BBTKLPP Banjarbaru maka kami tinggal meyiapkan sarana dan prasarananya untuk kelancaran pengiriman swab sampel ke Banjarbaru,” terang Achmad Rois.

Saat ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kobar tengah melakukan pengambilan swab sampel terhadap semua eks rombongan jemaah tabligh Gowa, Sulawesi Selatan bersama orang-orang terdekatnya. Karena terkendala transportasi, pada gelombang pertama baru dilakukan pengambilan swab sampel terhadap 27 orang klaster Gowa. c-uli

Pos terkait