Kotim Akan Sewa Pesawat untuk Kirim Sampel Swab

  • Whatsapp
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com- Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yakni Bupati Kotim H Supian Hadi berencana akan menyewa pesawat untuk mengirimkan sampel swab ke laboratorium di Surabaya, Jawa Timur.

Menurut Supian, dengan menyewa pesawat maka pengiriman sampel swab akan lebih cepat sehingga deteksi pasien positif Covid-19 juga akan lebih cepat.

“Rencana pesawat yang akan kita sewa tujuan Sampit-Surabaya. Karena rujukan Kementerian Kesehatan laboratorium tempat uji sampel swab yang kita kirim itu ada di sana,” katanya, Minggu (26/4/2020).

Langkah tersebut diambil mengingat telah diterapkannya kebijakan pemerintah pusat larangan mudik secara nasional. Sehingga transportasi udara dan laut tidak lagi mengangkut penumpang, melainkan hanya barang kargo saja. Namun untuk pengiriman kargo pun menurut Supian, maskapai penerbangan harus terlebih dahulu memenuhi batas berat minimal sebanyak 6 ton. Sehingga diperkirakan perlu waktu sekitar satu minggu ,baru pengiriman barang kargo dilakukan. Hal tersebut berdampak pada pengiriman uji swab yang dikirim ke Surabaya.

Menurut Supian, jika pengiriman kargo baru ada seminggu satu kali, maka hasil uji swab yang akan diterima Pemkab Kotim juga akan semakin lama. Pihaknya sebelumnya juga tengah berkoordinasi dengan rumah sakit di Banjar Baru Kalimantan Selatan terkait pengiriman uji swab sebagai alternatif pilihan lokasi pengiriman yang lebih dekat. Namun sampai saat ini, pihaknya belum menerima keputusan bisa dan tidaknya pengiriman sampel swab dari Kotim di rumah sakit tersebut.

“Untuk itu, saya berencana seperti ini. Agar sampel swab bisa cepat kita kirim dan hasilnya pun bisa cepat kita terima,” ucapnya.

Lebih lanjut diungkapkan Supian, saat ini pihaknya belum menentukan maskapai penerbangan mana yang akan di sewa oleh Pemkab Kotim. Hanya saja pihaknya sudah merancang akan menyewa pesawat dengan jenis ATR . Karena penggunaan pesawat hanya untuk pengiriman sampel saja. Kemudian untuk kisaran biaya yang diperlukan sekitar Rp175 juta sampai Rp200 juta sekali sewa.

“Mungkin kita sewa jenis ATR saja. Untuk kisaran biaya sekitar Rp175 juta-Rp 200 juta karena dihitung full penumpang untuk satu pesawat itu,” tuturnya. c-may

iklan atas

Pos terkait

iklan atas