Bangun Ketahanan Pangan Keluarga di Tengah Wabah Covid-19

  • Whatsapp
Bangun Ketahanan Pangan Keluarga di Tengah Wabah Covid-19
PALANGKA RAYA/tabengan.com- Dampak akibat wabah Covid-19 sangat terasa bagi sebagian masyarakat, terutama yang bekerja di sektor informal, Sabtu (25/4/2020).
“Kondisi ini tentu saja sangat memprihatinkan kita semua, sehingga perlu untuk saling membantu dan menumbuhkan rasa empati,” ujar tokoh pemuda Kalimantan Tengah, H Heru Hidayat.
Menurut mantan Anggota DPRD Kalteng ini, selain upaya pencegahan seperti meningkatkan daya imunitas, berada di rumah, biasakan cuci tangan, menggunakan masker, dan lainnya, namun perlu juga diperhatikan adalah mengenai kebutuhan pokok sebagian masyarakat.
Selain itu, perlu ada upaya membangun ketahanan pangan di tingkat keluarga seperti menanam tanaman hortikultura di halaman rumah atau lahan yang bisa dimanfaatkan, ujar aktivis relawan sosial ini.
“Yang bisa dilakukan adalah menanam sayur-sayuran, buah-buahan atau ubi-ubian yang bisa dipanen dalam waktu singkat di sekitar halaman rumah,” ujar Heru.
Bahkan setiap keluarga bisa menanam dengan memanfaatkan lahan atau halaman sekitar rumah sehingga lebih mudah untuk pemeliharaan. Juga bisa menggunakan pola hidroponik sehingga tidak membutuhkan lahan yang luas.
Mengapa ini harus dilakukan? Menurut Ketua PKS Kalteng ini, ketahanan pangan keluarga harus dimulai dari ruang lingkup terkecil yaitu keluarga dan lingkungan tempat tinggal. Kemudian tanaman yang ditanam adalah jenis tanaman yang mudah dan menjadi kebutuhan sehari-hari seperti sayuran, buah-buahan, ubi-ubian, dan lainnya.
“Mengajak seluruh masyarakat dan keluarganya untuk melakukan gerakan keluarga menanam tanaman hortikultura minimal sebanyak jumlah anggota dalam keluarga,” ujar Heru. Ist/hil

Pos terkait