Satu Positif Covid-19, Gumas Masuk Zona Merah

  • Whatsapp
KUALA KURUN/tabengan.com- Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sempat dirawat di RSUD Kuala Kurun dan dirujuk ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya kini dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab sampel laboratorium. Dengan demikian, Kabupaten Gunung Mas masuk zona merah.
Kepala Dinas Kesehatan Gumas sekaligus Jubir Satgas Covid-19, Maria Efianti bersama Wakapolres dan Seketaris BPBD Gumas, saat konferensi pers di ruang Posko Dinkes di Kuala Kurun, Jumat (24/4/2020), menerangkan, kronologis PDP yang positif sempat dirawat di RSUD Kuala Kurun sejak 3 April 2020 dengan penyakit kronis lain. Kemudian dirujuk 7 April ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan ditetapkan sebagai PDP positif dari Gumas.
“Hasil pemeriksaan pertama negatif dan yang kedua dinyatakan positif. Sampai hari ini di Kabupaten Gunung Mas ada satu orang yang memang positif oleh gejala virus Corona,” ungkapnya.
Dikatakan, PDP tersebut warga asli dari Gumas dengan usia 61 tahun. Pasien tersebut tidak ada melakukan perjalanan keluar daerah hanya seputaran Kota Kuala Kurun dan Palangka Raya.
Dengan masuknya Gumas dalam zona merah, lanjutnya, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Gumas akan melakukan pelacakan, dan tetap ikuti protokol serta protap yang berlaku.
“Siapa saja yang kontak erat dengan PDP yang positif itu, tentunya kita tetapkan sebagai orang tanpa genjala yang akan kita pantau terus. Dan untuk tempat yang bersangkutan kita melakukan disinfeksi,” tuturnya.
Dia mengimbau masyarakat tetap melakukan upaya pencegahan dengan aktif mencuci tangan menggunakan sabun anti bakteri.  Saat keluar tetap memakai masker, taati anjuran pemerintah.  c-mdo

Pos terkait