Ribuan Pekerja Sektor Pariwisata Terdampak Covid-19

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Palangka Raya, Ikhwanudin tak memungkiri pandemi Covid-19 berdampak luas pada sendi-sendi kehidupan dan pemerintahan. Tak terkecuali sektor pariwisata.

Ikhwanudin bahkan mengungkapkan, hingga kini Disbudparpora telah mencatat sedikitnya 1.129 orang pekerja sektor pariwisata di Kota Cantik terdampak pandemi Covid-19 tersebut.

Rinciannya, sebanyak 741 orang pekerja di bidang akomodasi, 57 orang pekerja café dan rumah makan, 114 orang pekerja tempat hiburan dan rekreasi, 39 orang dari Himpunan Pramuwisata Indonesia serta sebanyak 7 orang dari biro perjalanan wisata.

“Dampak Covid-19 ini telah menghilangkan mata pencaharian para pekerja pariwisata karena tempat usaha tidak bisa beroperasional. Dampak adanya anjuran menutup tempat wisata yang berpotensi mengumpulkan massa dengan jumlah banyak, maupun penerapan social distancing,” katanya, Jumat (24/4).

Contohnya, lanjut Ikhwanudin, program prakerja yang sedang di tangani Dinas Tenaga Kerja, maupun program bantuan pemerintah melalui Dinas Sosial. Nah, program ini bisa dimanfaatkan para tenaga kerja yang terdampak,” harapnya.

Ikhwanudin menambahkan, saat ini pihaknya juga masih mendata tenaga kerja di bidang kepariwisataan yang berpotensi terdampak Covid-19 selama merebaknya pandemi. rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas