Masyarakat Mura Dinilai Taat dengan Anjuran Pemerintah

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kesadaran dan kepatuhan masyarakat di wilayah Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya (Mura), Kalimantan Tengah (Kalteng) terhadap berbagai kebijakan pemerintah daerah (Pemda), terkait dengan protap kesehatan dalam situasi pandemi Corona Virus Desease atau Covid-19 ini, mendapat apresiasi dari Anggota DPRD Kalteng, Siswandi.

Anggota DPRD Kalteng dari daerah pemilihan (Dapil) IV, meliputi Kabupaten Mura, Barito Utara, Barito Timur dan Barito Selatan ini mengatakan, tingkat kepatuhan masyarakat Mura terhadap anjuran pemerintah cukup tinggi. Meski demikian, disisi lain ada juga masyarakat setempat yang mau tidak mau harus keluar rumah, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian.

“Ya, mau bagaimana lagi, bagi mereka yang berpenghasilan harian, tentunya dengan sangat terpaksa, harus keluar rumah demi memenuhi kebutuhan hariannya,” ucap Siswandi kepada Tabengan, Rabu (22/4).

Politisi dari Fraksi Partai Demokrat DPRD Kalteng ini mengungkapkan, kegiatan posko pantauan Covid-19 disejumlah titik lokasi saat ini masih berjalan dengan baik. Semua petugas, termasuk para relawan juga selalu siaga melakukan penjagaan dan pengawasan di masing-masing posko tersebut.

“Untuk kendala sendiri mungkin sama dengan di daerah lainnya. Seperti lambatnya hasil rapid tes dan hasil laboratorium, kemudian minimnya tenaga untuk memberikan edukasi ke masyarakat, terkait upaya pencegahan dan antisipasi penyebaran virus corona di daerah setempat,” tutur Siswandi.

Anggota Komisi IV DPRD Kalteng inipun meminta kepada masyarakat di Kabupaten Mura dan sekitarnya, agar apabila ada yang pernah melakukan kontak dengan pasien ODP, PDP bahkan positif, untuk dapat memeriksakan diri ke tenaga medis terdekat.

“Saya berharap adanya kejujuran dari masyarakat, yang merasa pernah melakukan kontak terhadap pasien yang berstatus ODP, PDP, bahkan yang sudah terkonfirmasi positif, untuk bisa memeriksakan dirinya kepada tenaga medis. Karena, selain menjadi tugas dari pemerintah, masyarakat juga memiliki andil besar, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, yakni dengan mematuhi dan mengikuti berbagai anjuran pemerintah,” pungkasnya. bob

Pos terkait