2.700 Warga Kotim Diprioritaskan Jalani Rapid Test

  • Whatsapp
SAMPIT/tabengan.com- Sebanyak 2.700 warga di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diprioritaskan untuk menjalani pemeriksaan rapid test.
Bupati Kotim H Supian Hadi mengatakan, 2.700 warga Kotim tersebut nantinya akan diambil dari semua kecamatan di wilayah itu. Saat ini pihaknya tengah melakukan pemetaan terhadap siapa saja warga yang memiliki risiko tinggi dan akan mendapatkan layanan pemeriksaan rapid test.
“Kalau kita hitung dari jumlah 450 ribu penduduk Kotim, maka kita akan ambil 0,6 persen untuk mendapatkan layanan rapid test. Jadi sekitar 2.700 warga nantinya akan mendapat pemeriksaan,” ujarnya, Rabu (22/4/2020).
Diungkapkan Supian, pihaknya menyediakan sebanyak 3 ribu alat pemeriksaan rapid test. Namun yang akan digunakan khusus untuk warga hanya sebanyak 2.700 unit sementara sisanya 300 unit disimpan untuk cadangan jika sewaktu-waktu ada kondisi penting terjadi.Terlebih, dalam waktu dekat Kotim akan memasuki masa lebaran.
 Dengan pemeriksaan rapid test massal tersebut, Supian meyakini pihaknya dapat lebih cepat mendeteksi warga yang terinfeksi Covid-19, sehingga penanganan dan pemutusan mata rantai virus bisa lebih cepat dilakukan. Jika semuanya sudah berjalan, ia meyakini dalam 15 hari ke depan, zona merah yang disandang Kotim akan turun menjadi zona kuning.
“Kita juga antisipasi saat Lebaran nanti, penerbangan pun tetap masih ada. Untuk itu nantinya warga yang terindikasi mengarah gejala Covid-19 semisal di bandara langsung kita rapid test. Jika positif langsung kita arahkan ke RSUD dr Murjani Sampit atau ke Klinik Covid-19 untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” pungkasnya. c-may

Pos terkait